Dilelang, Mitsubishi Lancer Evo Lawas Ini Laku Rp 2,9 Miliar

0
2006
Tampilan depan Mitsubishi Lancer Evo VI Tommi Makinen Edition - dok.Istimewa

Silverstone, Mobilitas – Perusahaan lelang asal Silverstone, Inggris – Silverstone Auction – belum lama ini melelang sedan sport Mitsubishi Lancer Evo generasi keenam edisi khusus, yakni Tommi Makinen Edition. Ya, mobil itu merupakan replika dari Mitsubishi Lancer Evolution tunggangan Tommi saat berlaga di kejuaraan reli World Rally Championship (WRC) dan menjadi juara berurut-turut sejak tahun 1996 – 1999.

Seperti diketahui Tommi – pria berkebangsaan Filandia, kelahiran Puupola pada 26 Juni 1964 ini – merupakan pembalap tim Mitsubishi di WRC. Sejarah mencatat, sejak tahun 1996 hingga pertengahan tahun 2000, dia sangat sulit dikalahkan oleh lawan-lawannya .

Terakhir kali, dia membalap dengan Mitsubishi Lancer Evolution menjuarai reli di Monte Carlo, dan tak lama kemudian dia undur diri dari tim Mitsubishi. Menghormati prestasi yang berhasil ditorehkan Tommi itu, pada tahun 2000, Mitsubishi Motors meluncurkan edisi khusus yang dinamai Mitsubishi Lancer Evolution Generasi VI Tommi Makinen Edition.

Tampilan samping Mitsubishi Lancer Evo VI Tommi Makinen Edition – dok.Istimewa

Seperti dilaporkan laman Hot Classic Cars dan Carscoops, Senin (9/8/2021), pada tahun 2000 itu, Mitsubishi Motors Inggris mengimpor 50 unit dari 212 unit yang dibuat. Sebelum unit yang diimpor itu datang, ada dua unit yang didatangkan terlebih dahulu sebagai contoh sekaligus promosi ke calon pembeli.

Keduanya ditandai dengan plakat #006 dan #001. Tak dinyana, 50 mobil yang diimpor Inggris itu habis terjual dalam waktu singkat, dan tersisa dua unit contoh itu.
Akhirnya keduanya pun dibeli oleh konsumen. Nah, satu dari dua unit itu – yakni yang berplakat #001 – yang dilelang oleh Silverstone Auction beberapa lalu.

Stiker khusus Ralliart dan pelek Enkai 17 Inci yang dibalur kelir putih menjadi kekhasan Mitsubishi Lancer Evo VI Tommi Makinen Edition – dok.Istimewa

Hasilnya, mobil yang semula diperkirakan bakal laku 100.100 poundsterling atau sekitar Rp 1,99 miliar (kurs 1 poundsterling = Rp 19.928,03), ternyata terjual dengan harga 146.250 poundsterling atau sekitar Rp 2,9 miliar lebih.

Keistimewaan
Mitsubishi Lancer Evolution Gen VI Tommi Makine Edition ini memang istimewa. Selain kondisinya sangat prima, meski telah berusia 21 tahun, dia juga memilikitanda khusus yakni stiker balap khusus Ralliart dan pelek Enkei 17 inci bersaput warna putih.

Berbagai komponen dan bagian – termasuk knalpot stainless steel yang digunakannya pun – masih dalam kondisi yang sangat istimewa. Sementara, buku riwayat servis dan odometernya menunjukkan mobil ini berjalan sejauh 17.703 kilometer, meski telah berganti tangan atau pemilik dua kali.

Tampilan belakang Mitsubishi Lancer Evo VI Tommi Makinen Edition – dok.Istimewa

Dia dibekali mesin 2.0 liter empat silinder turbocharged yang menghasilkan tenaga hingga 276 hp dengan torsi 373 Nm. Meski – banyak disebut – semburan tenaga yang dihasilkan mencapai 300 hp.

Semburan tenaga disalurkan ke keempat roda menggunakan gearbox manual lima tingkat percepatan. Dengan semburan tenaga sebesar itu, Lancer Evo VI edisi Tommi Makinen ini mampu berakselerasi dari 0 – 100 km/jam hanya dalam tempo 4,4 detik dengan kecepatan tertinggi 240 km/jam. (Vit/Aa)