Diuji Tabrak, All New Honda Civic Raih Peringkat Terbaik

0
1165
All Newh Honda Civic menjalani uji tabrak yang digelar Asean NCAP All New Honda Civic raih lima bintang atau peringkat tertinggi - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – Sedan Honda Civic versi terbaru berhasil memperoleh skor tertinggi atau lima bintang dalam uji keamanan mobil yang digelar New Car Assessment Program for Southeast Asia (ASEAN NCAP). Salah satu sedan andalan Honda Motor ini mengantongi total skor 83,47 dari skor tertinggi 120.

Dalam keterangan resmi yang dirilis Honda Motor – melalui PT Honda Prospect Motor (HPM) – yang diterima Mobilitas di Jakarta, Senin (1/11/2021), disebut uji ini meliputi benturan frontal offset dan uji benturan samping. Selain itu juga ada evaluasi fitur keselamatan.

Model baru sedan Civic ini menerima skor mengesankan 29,27 dari skor maksimal 32 untuk perlindungan terhadap penumpang dewasa atau Adult Occupant Protection (AOP) . Kemudian untuk perlindungan penumpang anak-anak atau Child Occupant Protection (COP) meraih 46,72 dari skor tertinggi 51.

Ilustrasi, All New Honda Civic RS diluncurkan di Indonesia – dok.Istimewa

Sedangkan untuk evaluasi Safety Assist Technologies (SAT) dia mendapatkan skor 19,07dari skor tertinggi 21 dan 8,32 dari 16 untuk Motorcyclist Safety (MS). Fitur yang terakhir itu adalah fitur perlindungan terhadap pengendara sepeda motor.

All New Honda Civic ini memulai kiparhnya di Asia Tenggara pada Agustus 2021 di Thailand. Setelah itu dia melenggang ke Singapura dan Indonesia. Nilai lebih generasi anyar Civic ini adalah fitur keamannya dengan sistem bantuan mengemudi canggih, Honda Sensing.

“Sistem ini menggunakan wide view camera, di bagian dalam kaca depan untuk memberikan kesadaran yang lebih besar tentang kondisi mengemudi di sekitar kendaraan dengan mendeteksi mobil, sepeda motor, dan pejalan kaki secara efektif,” bunyi keterangan Honda.

Tampilan bagian belakang All New Honda Civic RS yang diluncurkan di Indonesia – dok.Istimewa

Fitur ini akan memberikan peringatan dan mendukung pengemudi dalam menghindari atau mengurangi risiko tabrakan. Secara keseluruhan fungsi tersebut meliputi Collision Mitigation Braking System (CMBS), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low-Speed Follow (LSF), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM).

Lalu, Auto High-Beam (AHB), dan Lead Car Departure Notification System (LCDN)
Civic generasi ke-11 ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan Honda Lane Watch, Driver Attention Monitor, Multi-angle Rearview Camera, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, Walk-Away Auto Lock. Lalu, Front Passenger and Rear Seat Belt Reminder serta Rear Seat Reminder. (Vto)