Jakarta, Mobilitas – Pada Januari – April 2023 penjualan mobil di Jepang naik 15,7% dibanding periode sama di 2022.
Data Asosiasi Diler Mobil Jepang (JADA) dan Asosiasi Pabrikan Mobil Jepang (JAMA) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Minggu (21/5/2023) menunjukkan selama empat bulan pertama itu total penjualan mobil di negara itu mencapai 1.731.150 unit.
Pada April saja, penjualan yang dibukukan oleh seluruh pabrikan ( lokal Jepang maupun Asing) 349.592 unit. Jumlah ini meningkat 16,7% dibanding April 2022.
Di jajaran merek asal negara lain atau asing, tiga pabrikan asal Jerman, yakni Mercedes-Benz (Mercy), Bayerische Motoren Werke (BMW), dan Volkswagen (VW) masih bercokol di tiga besar.
Mercy mengantongi angka penjualan sebanyak 16.692 unit (naik 1,0%), BMW 10.978 unit (naik 0,6%), dan VW 8.128 unit (naik 0,5%).
Sementara itu, merek asal Inggris yang kini dimiliki pabrikan Cina (SAIC Motor) yakni Morris Garage (MG) di empat bulan pertama itu hanya membukukan penjualan 4 unit.
Pada bulan April saja, pabrikan yang masuk pasar Jepang pada 2021 itu, meraup angka penjualan 2 unit, jumlah ini ambrol 33,3% dibanding April 2022. Sebelumnya di Januari mobil MG di Negeri Sakura itu terjual 1 unit, dan Maret 1 unit. (Din/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id