Fuso Indonesia Hadirkan Truk Canter dan Fighter X Euro 4, Ini Keunggulannya

0
1330
Prosesi peluncuran dua truk baru Mitsubishi Fuso yaitu Mitsubishi Canter dan Mitsubihi FighterX Euro 4 - dok.PT KTB.

Jakarta, Mobilitas – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), secara resmi meluncurkan jajaran produk terbarunya; 15 varian Canter dan 14 varian Fighter X. Keduanya merupakan versi baru dari Colt Diesel dan Fighter.

“Hadir dengan standar Euro 4, mesin 4V21 untuk Canter dan mesin 6M60 untuk Fighter X yang berteknologi Common Rail dapat menghasilkan tenaga yang maksimal, torsi yang lebih tinggi di range putaran mesin (RPM) yang lebih panjang sehingga performanya lebih optimal,” papar Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (PT KTB), Nobukazu Tanaka, saat  peluncuran dua varian itu secara virtual, di Jakarta, Kamis (24/3/2022).

Selain itu, lanjut Tanaka, teknologi Exhaust Gas Recirculation, Positive Crankcase Ventilation, dan Diesel Oxidation Catalyst Muffler mampu menurunkan kadar emisi NOx (Nitrogen Oxide) dari dua varian itu. Sehingga, emisi gas buang kendaraan lebih ramah lingkungan.

“Mitsubishi Fuso  akan terus menjaga layanan purna jualnya yang terbaik dengan dukungan jaringan diler terluas di Indonesia. Kami berkomitmen untuk terus mempertahankan dan meningkatkan dukungan layanan kepada pelanggan di seluruh Indonesia,” tandas Tanaka.

Dua Truk Mitsubishi Fuso yang bertsandar Euro 4, yaitu Mitsubishi Fuso Canter dan Mitsubishi Fuso Fighter X – dok.PT KTB

Melalui PT KTB, Mitsubishi Fuso mempertahankan layanan Free Service yang selama ini diapresiasi konsumen hingga setelah peluncuran kendaraan baru ini. Selain itu, ;lanjut Tanaka, tahun ini Mitsubishi Fuso akan menambah fasilitas Parts Depo untuk menjamin ketersediaan pasokan suku cadang.

Peningkatan layanan ini sejalan dengan upaya pabrikan untuk terus meningkatkan kualitas produk dengan teknologi terkini. Berikut keunggulan dua model truk anyar tersebut;

  • Performa mesin yang lebih bertenaga Mulai dari 108PS – 150PS pada Canter serta penyesuaian pada Final Gear Ratio untuk performa optimal.
  • Peningkatan dimensi kendaraan sesuai dengan kebutuhan konsumen Penambahan panjang chassis (Cab to End) pada varian 6×4 FN26FL HD menjadi 9,8m untuk meningkatkan volume angkut serta peningkatan GVW (Gross Vehicle Weight) & ROH (Rear Over Hang) untuk mengangkut muatan lebih banyak.
  • Fitur keselamatan yang lebih aman Penggunaan Full Air Brake System dan penambahan Anti-lock Braking System pada seluruh varian Fighter X yang menjadikan kendaraan benar-benar aman.
  • Kurang lebih 80% suku cadang Canter dan Fighter X memiliki kesamaan dengan yang ada di line up sebelumnya.

Penjualan kian moncer
Kehadiran dua model yang masing-masing memiliki 15 varian dan 14 varin itu tentu akan menjadi amunisi Mitsubishi Fuso Indonesia dalam menggarap pasar Indonesia, sehingga penjualannya kian meningkat. Sekadar informasi, dalam dua bulan pertama tahun 2022 ini (Januari – Fenruari) penjualan ritel Mitsubishi Fuso di Tanah Air meningkat signifikan dibanding periode sama tahun 2021.

Data di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, Kamis (24/3/2022) menunjukkan, selama dua bulan pertama Mitsubishi Fuso mengoleksi angka penjualan ke konsumen sebanyak 5.552 unit. Jumlah ini meningkat 23,3% dibanding penjualan ritel selama dua bulan pertama di 2021 lalu.

Ilustrasi, Mitsubishi Fuso Fighter Mining Spec – dok.Istimewa

Sekadar informasi,  di tahun 2021 kemarin, Mitsubishi Fuso merajai penjualan truk di Tanah Air. Data di Gaikindo yang dinukil Mobilitas memperlihatkan, pada tahun itu Fuso mengantongi angka penjualan ritel sebanyak 34.375 unit (dengan pangsa pasar 48%). Jumlah ini naik 30,1% dibanding angka penjualan ritel selama tahun 2020 yang sebanyak 24.000-an unit. (Din/Aa)