Gazoo Racing Resmi Hadir, Begini Penjualan Toyota GR Supra Cs di RI

0
1262
Toyota GR Supra 2021 - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – Toyota Motor melalui PT Toyota Astra Motor (TAM) Kamis (19/8/2021) kemarin resmi menghadirkan divisi khusus yang menaungi mobil berperforma tinggi dan pengembangan perlengkapan maupun aksesosris sporty mobil Toyota, Toyota Gazoo Racing (GR) di Indonesia. Minat masyarakat Indonesia yang tinggi terhadap mobil berperforma tinggi atau mobil-mobil berkarakter sporty menjadi pendorongnya.

“Kalau kita bicara Gazoo Racing ini bukan hanya sekadar mobil-mobil sport yang menyandng nama GR saja, tetapi juga yang memiliki karakter sporty secara styling maupun ketangguhan yang sporty. Mobil-mobil seperti ini sangat diminati oleh masyarakat. Oleh karena itu sebagai komitmen kami untuk menyediakan sarana mobilitas yang dibutuhkan masyarakat, kita hadirkan Gazoo Racing ini,” ungkap Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto, saat dihubungi Mobilitas di Jakarta, Kamis (19/8/2021).

Menurut Henry, sejak menawarkan Toyota GR Supra pada dua tahun lalu, Toyota Indonesia mendapatkan respon positif. Terbukti penjualan mobil dengan banderol di atas Rp 2 miliar itu laku keras.

Toyota GR Supra – dok.TAM

Data yang dihimpun Mobilitas dari laporan penjualan ritel ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di tahun 2019 mobil dengan banderol Rp 2 miliar lebih ini terjual sebanyak 8 unit. Dari jumlah itu 5 unit di antaranya dibukukan tepat di pengujung tahun atau bulan Desember.

Kemudian di tahun 2019, total penjualan ritelnya menanjak menjadi 14 unit. Jumlah itu dikoleksinya pada bulan Januari sebanyak 4 unit, Februari 1 unit, Maret 1 unit, September 1 unit, Oktober 3 unit, November 2 unit, dan Desember 12 unit.

Sedangkan di tahun 2021 ini – di tengah dampak pandemi Covid-19 masih merebak di seantero negeri – penjualan ritel Toyota GR Supra selama tujuh bulan pertama mencapai 7 unit. Angka ini diraup pada Januari sebanyak 2 unit, April 1 unit, Mei 3 unit, dan Juni 1 unit, Juli kosong.

Toyota Raize GR Sport – dok.TAM

GR Yaris dan Raize GR Sport
Fakta lain yang menunjukkan mobil Toyota bermbel-embel GR diminati masyarakat adalah ketika TAM membuka pemesanan sejak awal tahun lalu. Meski sudah ditegaskan bahwa Indonesia mendapatkan jatah 126 unit saja, namun pemesan ternyata membeludak.

“Sampai dengan bulan Juli sudah ada 650 pemesan. Karena itu pemesanan kita tutup, dan besok (Jumat, 20 Agustus 2021) akan diundi, siapa saja yang beruntung mendapatkannya,” tutur Henry.

Toyota GR Yaris – dok.Istimewa

Contoh lain adalah, penjualan Toyota Raize, SUV kompak yang diluncurkan dan mulai dijual pada 30 April lalu. Ternyata dari total penjualan ritel 5.345 unit, 60% lebih merupakan varian Toyota Raize GR Sport. (Jrr/Vto/Aa)