Gebrak Dunia, VW Polo Anyar Berteknologi Otonom Level II

0
389
VW Polo 2022 - dok.Youtube

Berlin, Mobilitas – Persaingan di pasar mobil hatchback dunia kini semakin ketat, karena produsen tak sekadar menyuguhkan gaya tampilan paling modis semata, tetapi teknologi tepat guna yang dirasakan langsung oleh pengguna. Volkswagen yang memiliki beberapa varian model hatchback, melakukan terobosan untuk memenangi persaingan.

Pabrikan yang berkantor pusat di Wolfsburg, Jerman, ini beberapa waktu lalu menyodorkan versi terbaru (versi penyegaran) hatchback VW Polo. Tak hanya tampilan saja yang dipoles, tetapi juga fiturnya ditingkatkan.

Seperti dilaporkan Autocar dan Automotive News, belum lama ini, Polo paling gres itu dibekali fitur teknologi pengendaraan otonom, meski baru tingkat atau level dua. Fitur tersebut selama ini baru digunakan di model-model andalan VW seperti VW Golf, Tiguan, Passat, Arteon, dan Touareg.

Teknologi tersebut dinamai IQ.Drive Travel Assist yakni teknologi pintar yang membantu pengemudi selama berkendara di jalan raya. Mulai dari Adaptive Cruise Control (ACC) hingga panduan jalur adaptif, yang menggabungkan panduan lateral dan longitudinal.

Interior VW Polo terbaru – dok.Youtube

“Teknologi di Polo baru ini memungkinkan pengendaraan otomatis terbatas, di semua rentang kecepatan. Terutama selama perjalanan di jalan raya, IQ.Drive Travel Assist menambahkan tingkat kenyamanan yang benar-benar nyata,” bunyi keterangan resmi VW.

Sedangkan dari sisi tampilan, VW Polo paling anyar tersebut mendapatkan strip lampu yang menyala di sepanjang dasar gril di samping lampu utama LED standar.

”Sementara di bagian belakang, lampu yang dengan posisi vertital tiga tumpuk (dengan bagian paling atas lebih panjang) mencuatkan kesan versi anyar ini lebih lebar,” kata Kepala Desain Eksterior VW, Marco Pavone.

Jika VW berusaha menjadikan yang terbaik di antara hatchback yang ada, bisa dimaklumi. Sebab, penjualan di pasar Eropa saja, sejak tahun 2019 hingga tahun 2020 kemarin terus merosot.

Tampilan belakang VW Polo versi paling anyar – dok.CAR Magazine

Data yang disajikan Asosiasi Produsen Mobil Eropa (ACEA) dalam laporan penjualan tahunan menunjukkan, pada tahun 2018 penjualan hatchback ini masih sebanyak 295.403 unit. Namun, di tahun 2019 merosot menjadi 257.804 unit, dan sepanjang tahun 2020 merosot lagi menjadi 169.467 unit. (Yog/Aa)