Tangerang, Mobilitas – Morris Garage (MG) melalui PT MG Motor Indonesia di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 meluncurkan roadster listrik MG Cyberster.
Mobil dua tempat duduk yang diluncurkan merek asal Inggris (yang sejak tahun 2017 dibeli pabrikan Cina, SAIC Motor Corporation) itu, dibanderol Rp 1,688 miliar. Roadster yang sempat mejeng di pameran Goodwood Festival of Speed pada Juli 2023 itu, menggunakan motor listrik yang menghasilkan tenaga 536 hp dan torsi 725 nm.
Dia dibekali baterai NMC (Nikel Mangan Cobalt) berkapasitas kWh yang mampu menyokongnya berjalan hingga 520 kilometer dalam sekali isi daya baterai. Kemampuan akselerasinya dari 0 – 100 km/jam hanya dalam tempo 3,2 detik.
Selain meluncurkan roadster itu, MG Motor Indonesia menghadirkan model mobil keluarga serbaguna (MPV) MG G50, dan MG 4 EV XPower. MG G50 disajikan dalam dua varian yakni 7 dan 8 penumpang yang bertenaga 178 hp dan bertransmisi manual 6 percepatan (varian manual) dan dual-cluth 7 percepatan untuk varian otomatis.
Sedangkan MG 4 EV Xpower, tak lain versi khususa dari MG 4 EV. Namun mobil bergenre coupe berbalut kelir Wild Hunter Green Matte ini menonjolkan tampilan kosmetik.
Kaliper rem yang dibuat kontras. Kemudian terdapat lubang air intake dengan ukuran yang cukup besar. Lampu berbentuk oval dibuat untuk mencuatkan kesan mobil-mobil MG di era dekade 60-an dan 70-an.
Sebuah motor lostrik yang diusungnya mampu menghasilkan tenaga hingga 536 hp dengan torsi 725 Nm. Mobil berpenggerak semua roda (AWD) ini menggunakan baterai 77 kWh.
Gedoran MG di Indonesia ini bisa dimaklumi, karena penjualannya di Tanah Air selama Januari – Juni atau semester pertama 2024 ini cukup moncer di tengah pasar mobil yang sedang loyo. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Sabtu (20/7/2024) MG menjual mobil ke konsumen (penjualan ritel) sebanyak 1.926 unit.
Jumlah tersebut meroket hingga 277,6 persen dibanding penjualan ritel yang dibukukannya pada periode sama di tahun 2023. Meski, pangsa pasarnya di Indonesia masih sekitar 0,4 persen.
Tetapi, di Cina (negara perusahaan pemiliknya saat ini) penjualan MG ternyata sebaliknya. Data Asosiasi Mobil Penumpang Cina (CPCA) yang disitat Mobilitas, di Jakarta, Sabtu (20/7/2024) memperlihatkan, selama Januari – Juni tahun ini MG menjual 257.283 mobil di Cina, ambrol 28,2 persen dibanding enam bulan pertama 2023. (Jrr/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id