Hadir di RI, Harga Hyundai Staria Mulai Rp 888 Juta

0
1222
Hyundai Staria - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – Setelah meluncurkannya di Thailand, Hyundai Motor Company melalui PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Jumat (20/8/2021) resmi meluncurkan MPV Hyundai Staria di Indonesia. Mobil ini ditawarkan dalam dua varian yakni Staria Signature 7 (tujuh kursi penumpang) dan Staria Signature 9 (sembilan kursi penumpang).

Varian pertama dibanderol dibanderol Rp 1,02 miliar. Sedangkan yang kedua dihargai Rp 888 juta. Harga tersebut on the road Jakarta.

Hyundai mengklaim dimensi ukuran Staria merupakan yang terbesar di kelasnya. Lebar keseluruhan mencapai 1.997 mm dan jarak tapak roda depan atau front wheel tread sepanjang 1.721 mm. Sementara panjangnya 5.253 mm, jarak sumbu roda 3.273 mm, serta jarak tapak roda belakang atau rear wheel tread sepanjang 1.732 mm.

Baik varian pertama maupun kedua mengusung mesin yang sama, yakni mesin diesel R2.2 (1.199 cc) VGT yang betenaga 177 PS pada 3.800 rpm dengan torsi 430 NM pada putaran mesin 1.500 – 2.500 rpm. Penyaluran tenaga ke roda menggunakan transmisi otomatis delapan tingkat percepatan.

Tampilan belakang Hyundai Staria – dok.Autoblog

Data yang dirilis Hyundai menunjukkan MPV ini mampu berakselerasi dari kecepatan 0 – 100 kilometer per jam (kpj) hanya dalam tempo 12,4 detik. Sedangkan kecepatan maksimumnya mencapai 185 kpj.

Chief Operating Officer HMID, Makmur, menyebut konsep premium dan nyaman yang diwujudkan dalam Staria merupakan kelanjutan dari transformasi Hyundai untuk menyesuaikan kebutuhan pelanggan yang terus berkembang.

“Di sisi kursi pengemudi bahkan memiliki tampilan dengan sentuhan mewah seperti TFT LCD Instrument Cluster berukuran 10,25 inci, layar sentuh 8 inci dengan Radio AM/FM, streaming audio Bluetooth, layar sentuh fasia tengah, dan tombol transmisi Shift-by-Wire,” ujar Makmur.

Tampilan belakang Hyundai Staria – dok.Autoblog

Hyundai mengklaim desain eksterior Staria menampilkan siluet futuristik, kesan yang bersih, ramping, dan menyerupai pesawat luar angkasa. Bagian depan Staria memberikan tampilan grille yang berani dan eksklusif yang diperkuat dengan LED Daytime Running Lights (DRL) horizontal dan positioning lamps yang berada di sepanjang sisi kendaraan.

Sementara, kenyamanan interiorny disebut telah dimaksimalkan dengan pemanfaatan ruang kabin secara menyeluruh dan pengaturan kursi penumpang yang fleksibel. “Sehingga, sangat cocok untuk digunakan sehari-hari,” klaim Makmur.

Mobil ini dilengkapi pelek alloy 18 inci. Interiornya mengusung konsep multi ruang terbuka untuk pengoperasian yang prima bagi pengemudi serta komposisi ruang serbaguna bagi penumpang dengan nuansa layaknya sebuah premium lounge.

Jok baris kedua Hyundai Staria – dok.Istimewa via Tech Deeps

“Di sisi kursi pengemudi bahkan memiliki tampilan dengan sentuhan mewah seperti TFT LCD Instrument Cluster berukuran 10,25 inci, layar sentuh 8 inci dengan Radio AM/FM, streaming audio Bluetooth, layar sentuh fasia tengah, dan tombol transmisi Shift-by-Wire,” kata Makmur.

Dimensi ukuran Staria terbesar di kelasnya dengan lebar keseluruhan 1.997 mm dan jarak tapak roda depan atau front wheel tread sepanjang 1.721 mm. Sementara panjangnya 5.253 mm, jarak sumbu roda 3.273 mm, serta jarak tapak roda belakang atau rear wheel tread sepanjang 1.732 mm. (Ril/Ara)