Harley-Davidson Sportster S Meluncur, Ini Istimewanya

0
1475
Harley-Davidson Sportster S - dok.Istimewa

Milwaukee, Mobilitas – Pabrikan pebuat motor gede (Moge) asal Milwaukee, Wisconsin, Amerikat Serikat – Harley-Davidson (Harley) – Selasa (13/7/2021) resmi meluncurkan motor cruiser anyar, Harley-Davidson Sportster S. Motor ini menggunakan platform yang sama dengan Pan America 1250 yang diluncurkan tahun lalu

Seperti dilaporkan Bikers Daily dan Rider Magazine, Selasa (13/7/2021), mesin berkapasitas 1.250cc berkonfigurasi V-Twin – yang dijuluki sebagai Revolution Max 1250T – ini menyemburkan tenaga hingga 121 hp dengan torsi 127 Nm. Sistem pendinginannya menggunakan cairan.

Secara tampilan, motor anyar ini mirip dengan Harley 1250 Custom yang diperkenalkan pada Juli 2018 lalu. Namun, Harley menegaskan Sportster S 2021 itu sebagai penanda era baru di jajaran model Sportster yang diproduksi sejak tahun 1957.

Mesin Harley-Davidson Sportster S – dok.Istimewa

Sejak diluncurkan model Sportster XL pada tahun 1957, selalu mengusung mesin V-Twin berpendingin udara. Tapi, Harley-Davidson Sportster S sekarang ini menggunakan mesin V-Twin berpendingin cairan.

“Ini adalah Sportster generasi baru yang menyuguhkan kekuatan, performa, teknologi, dan gaya desain baru. Dan ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk memperkenalkan sepeda motor yang sejalan dengan strategi kami untuk meningkatkan keinginan dan merawat warisan Harley-Davidson,” kata President & Chief Executive Officer Harley-Davidson, kata Jochen Zeitz.

Panel instrumen Harley-Davidson Sportster S – dok.Istimewa

Harley-Davidson Sporter S yang berpenampilan kekar, berotot, dengan ban gemuk. Spatbor bagian depan yang minimalis mencuatkan kesan motor bobber klasik sejati. Sementara bagian ekornya, knalpot high-mount, dan jok olo terinspirasi motor cuiser legendaris Harley Davidson XR750.

Sedangkan penutup mesinnya, dibuat dari bahan magnesium yang ringan dengan dimensi wujud yang menonjol. Keunikan tutup mesin ini adalah sentuhan kelir khas Cokelat Satin.

Tampilan samping Harley-Davidson Sportster S – dok.Istimewa

“Setiap elemen desain visual model Sportster S merupakan ekspresi kekuatan sejati Harley. Dia benar-benar serigala yang berbulu serigala. Artinya seekor serigala sejati,” ucap Vice President Design Harley-Davidson, Brad Richards.

Harley-Davidson Amerika Setikat membanderolnya US$ 14.999 atau sekitar Rp 218 jutaan (kurs US$ 1 = Rp 14.520,15). Namun, model ini mulai dijual di Paman Sam itu pada musim gugur atau di rentang waktu September hingga Oktober nanti. (Din/Aa)