Hindari Pencuri, Land Cruiser Anyar Berpengaman Sidik Jari

0
2246
Toyota Land Cruiser versi terbaru - dok.Youtube

Tokyo, Mobilitas – Toyota Motor Corporation (Toyota), Senin (2/8/2021) resmi meluncurkan generasi terbaru dari Toyota Land Cruiser dalam dua varian mesin (bensin dan diesel) serta sejumlah tipe, yakni tipe standar, ZX, dan VX. Bahkan tipe GR Sport, baik bermesin bensin maupun diesel.

Keterangan resmi Toyota yang dilansir situs resmi Global.Toyota, Senin (2/8/2021) menyebut tipe termurah yakni standar bermesin dibanderol 5,1 juta yen atau sekitar Rp 671,31 juta. Sedangkan tipe tertinggi, yakni GR Sport dihargai 8 juta yen atau sekitar Rp 1,05 miliar (kurs 1 yen = Rp 131, 63).

Seperti dilaporkan Kyodonews, Senin (2/8/2021) keterangan resmi Toyota itu juga menyebut beberapa tipe tertinggi dari Toyota New Land Cruiser ini  dilengkapi sejumlah fitur canggih. Salah satunya, (di pasar lokal Jepang) fitur keamanan dari tindak pencurian mobil berupa pemindai sidik jari.

“Toyota telah memasang sistem identifikasi sidik jari untuk pertama kalinya untuk setiap kendaraannya sebagai bagian dari tindakannya untuk mencegah pencurian mobil, dengan model Land Cruiser sebelumnya menjadi sasaran pencuri karena menarik, harga tinggi mobil bekasnya menjadi alasan pencurian,” tulis Kyodonews.

Sistem otentikasi sidik jari – melalui pemindai khusus – itu berfungsi untuk mengoperasikan mobil bekerja saat pengemudi menginjak rem dan menyentuh sensor di dekat setir. Mesin tidak akan hidup kecuali sidik jari pengemudi cocok dengan yang telah didaftarkan sebelumnya.

Menurut data dari asosiasi industri mobil Jepang dan kepolisian Jepang, jumlah Land Cruiser yang dicuri pada tahun 2020 lalu mencapai 395 unit. Jumlah tersebut turun dari tahun sebelumnya yang mencapai 654 unit.

Sekadar informasi, Toyota New Land Cruiser varian pertama bermesin bensin 3.5 liter V6 twin-turbo dengan semburan tenaga 415 PS. Varian kedua adalah bermesin diesel V6 twin-turbo 3,3 liter.

Mesin diesel ini diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 309 PS dengan torsi maksimum 700 Nm. Mesin Land Cruiser ini diklaim memiliki berbagai pengoptimalan mulai dari ruang bakar piston, port intake, dan injektor. (Din/Aa)