Mazda CX-5 di GIIAS 2022 - dok.Mobilitas

Hingga Juli di RI, Penjualan Mazda Ambrol 13,3%

Arif Arianto
2 Min Read

Jakarta, Mobilitas – PT EMI meluncurkan New Mazda 2 Sedan dan Mazda CX-8 pada 26 Juli lalu.

Penjualan mobil Mazda di Indonesia yang diageni oleh PT Eurokars Motor Indonesia (PT EMI) sepanjang Januari – Juli tahun 2022 ini, baik ke diler (wholesales) maupun ke konsumen (ritel) turun alias ambles. Data penjualan di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, Minggu (28/8/2022) total wholesales yang dikantonginya 1.902 unit.

Total wholesales itu ambles 5,9% dibanding periode sama tahun 2021. Sedangkan total penjualan ritelnya 1.807 unit alias ambrol 13,3%.

Fakta tersebut menandakan tren melemahnya merek asal Fuchu, Hiroshima, Jepang yang terjadi sejak tahun 2019 itu, masih terjadi. Fakta berbicara, pada tahun 2018, merek ini masih sanggup meraup angka penjualan ritel 5.957 unit.

Mazda CX-30 saat dipamerkan di hajatan GIIAS 2022 – dok.Mobilitas

Tahun berikutnya total penjualan merosot menjadi 4.934 unit. Bahkan di tahun 2020 anjlok sangat dalam, menjadi 2.611 unit.

Sementara, pada tahun 2021 di periode Januari – Juli, penjualan ritel Mazda di Tanah Air mencapai sebanyak 2.084 unit. Namun, pada 29 Juli lalu, PT EMI meluncurkan dua amunisi baru.

Keduanya adalah, sedan Mazda 2 dan New Mazda CX-8 pada 29 Juli lalu. Masing-masing dibanderol Rp 338 juta on the road (OTR) Jakarta dan Rp 795,5 juta OTR Jakarta.

“Peluncuran dua produk terbaru ini menunjukkan optimisme Mazda pada kondisi ekonomi dan pasar otomotif di Indonesia,” kata Managing Director PT EMI, Ricky Thio saat peluncuran. (Din/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id

Share This Article