Honda Astrea Anyar di Vietnam, Harga Diprediksi Rp 94,5 Juta

0
2311
Honda Astrea Prima atau yang saat ini di Vietnam dinamai Honda Dream 125 versi terbaru - dok.Honda

Hanoi, Mobilitas – Sepeda motor bebek Honda Astrea Prima memang sudah lama hilang dari pasar Indonesia, karena Honda Motor melalui PT Astra Honda Motor (AHM) memang telah mengakhiri produksi dan penjualannya. Namun, tak demikian di sejumlah negara di Asia Tenggara, termasuk di Kamboja dan Vietnam.

Bahkan, seperti dilaporkan Vietnam Times dan Hanoi Herald, belum lama ini, Honda di negara itu masih meluncurkan varian terbaru dari Honda Astrea yang di negeri itu dinamai Honda Dream 125. “Varian terbaru bernama Honda Dream 125 Beyond Luxury hadir dengan unsur-unsur yang menjadikan tampil eksklusif seperti harapan para pelanggan,” bunyi keterangan Honda Motor di Negeri Paman Ho itu.

Meski masih mempertahankan gaya tampilan bodi seperti model sebelumnya, namun varian paling gres alias paling baru ini menyisipkan aksen yang mencuatkan kesan mewah, yakni aksen gold atau emas. Unsur warna itu digunakan pada grafis dan logo Honda di bawah lampu utama varian tersebut.

Aksen emas yang berupa emblem atau logo Honda di bawah lampu utama dan DRL lED di lampu sein – dok.Istimewa

Sedangkan fitur-fiturnya masih terbilang jadul. Namun bagi sejumlah kolektor pemburu motor jadul, unsur ini justeru menjadi nilai lebih.

Lampu utama masih menggunakan bohlam. Pengereman masih menggunakan tromol baik di roda depan maupun belakang, begitu pula dengan pelek yang masih seperti sediakala yakni menggunakan jeruji alias jari-jari (spoke wheel).

Pelek berukuran 17 inci itu dibalut dengan ban berukuran 17 inci, 60/100 pada bagian depan. Sedangkan di belakang dibalut ban berukuran 70/100.

Panel cluster Honda Dream 125 Beyond Luxury – dok.Honda

Perangkat suspensinya pun masih jadul yakni garpu teleskopik di roda depan. Sementara di roda belakang digunakan shock-absorber kembar.

Motor berbobot 101 kilogram ini dan bertangkai dengan kapasitas 4 liter itu memiliki jok setinggi 745 milimeter (mm) dan ground clearance 135 mm. Mesin yang diusungnya juga masih mesin 4 tak satu silinder, 124,8 cc, OHC berpendingin udara.

Namun, transmisinya berteknologi semi otomatis dengan empat tingkat percepatan. Unsur lain penanda kemewahan (luxury) pada Honda Dream 125 versi anyar ini adalah adanya lampu DRL LED yang ditemaptkan persis di atas lampu sein.

Honda Dream 125 Beyond Luxury  dengan grafis atau decal bodi berwarna emas- dok.Istimewa via RemoNews

Hanya kini, Honda Vietnam belum mengumumkan harganya. Meski diperkirakan tak akan jauh dari VND 150 juta, atau sekitar Rp 94,5 juta (dengan kurs saat ini VND 1 = Rp 0,63). (Jrr/Aa)