Honda HR-V Hybrid, Konsumsi BBM 5,4 Liter:100 Km

0
1649
Honda HR-V Hybrid - dok.Autodevot

London, Mobilitas – Setelah meluncurkan secara resmi beberapa bulan lalu, kini Honda Motor di Eropa menyatakan akan mulai menjual secara ekslusif Honda HR-V hybrid di benua tersebut. Nama dagang versi hybrid itu diganti menjadi Honda e:HEV.

Seperti dilaporkan AutoEuro dan Carscoops belum lama ini, penjualan model berteknologi elektrfikasi itu akan dilakukan pada akhir tahun 2021. Kini, menjelang proses penjualan itu, Honda Motor di Eropa mengumumkan hasil pengujian secara rill di lapangan atas mobil tersebut.

Mobil yang dibekali mesin bensin 1.5 liter Atkinson-cycle DOHC i-VTEC plus dua motor listrik berbaterai ion lithium itu menyemburkan tenaga hingga 129 hp dengan torsi 253 Nm. Akselerasi dari 0 – 100 kilometer per jam (kpj) dicapai hanya dalam tempo 10,6 detik.

Tampilan sudut kiri belakang Honda HR-V Hybrid – dok.Istimewa

Dan yang menarik dari klaim Honda itu adalah, konsumsi bahan bakar versi ini. Dalam pengujian dengan siklus WLTP, sebut Honda, diketahui konsumsi BBM mobil ini 5,4 liter untuk jarak 100 kilometer (km).

SUV kompak hybrid ini dilengkapi fitur tiga mode sistem kerja laju di jalan. Ketiganya adalah: Electric Drive, Hybrid Drive, dan Engine Drive. Menariknya dalam kondisi dan waktu tertentu, sistem akan memilih mode mana yang paling efisien dalam konsumsi bahan bakar secara bergantian, sehingga menghasilkan tingkat efisiensi konsumsi BBM yang paling irit.

“Misalnya, powertrain akan beroperasi dalam mode Engine Drive saat berkendara dengan kecepatan tinggi yang konstan di jalan raya dan jika akselerasi lebih lanjut diperlukan, seperti saat menyalip,” bunyi keterangan Honda.

Honda HR-V hybrid di Eropa – dok.Istimewa

Lalu, mobil akan beralih ke mode Hybrid Drive untuk mendapatkan performa ekstra. Hybrid Drive juga berfungsi sebagai generator yang digerakkan mesin untuk mengisi ulang daya baterai.

Selain mode laju di jalan, mobil ini juga memiliki tiga mode berkendara yakni Sport, Econ, dan Normal. “Bahkan, pengemudi juga dapat memilih mode B-range yaitu beralih ke sistem transmisi yang menawarkan tingkat pemulihan energi, yang dapat dipilih saat meluncur atau mengerem. Sehingga daya di baterai akan tetap terjaga,” sebut Honda. (Din/Aa)