Mesin V3 Empat Tak dengan kompressor listrik - dok.Honda

Honda Kenalkan Mesin V3 Empat Tak Berkompresor Listrik di EICMA 2024

Arif Arianto
2 Min Read

Milan, Mobilitas – Mesin yang diperkenalkan di pameran sepeda motor dan aksesori internasional (EICMA) di Milan, Italia, ini merupakan mesin V3 kedua setelah mesin V3 dua tak yang digunkan Honda NS400R V3 dua tak.

Namun, untuk mesin jenis empat tak mesin V3 anyar itu merupakan mesin pertama yang dibuat oleh Honda Motor Company. Bahkan mesin V3 empat tak pertama di dunia.

“Mesin V3 dengan kemiringn 75 derajat berpendingin air ini dikembangkan untuk sepeda motor berkapasitas lebih besar. Meski demikian (secara dimensi ukuran) mesin ini dirancang agar sangat ramping dan ringkas,” bunyi keterngan Honda dalam lamn resmi Honda Global yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Jumat (8/11/2024).

Menariknya, mesin itu dilengkapi dengan kompresor listrik. Fungsi dari kompresor ini untuk menyesuaikan kompresi udara yang masuk ke mesin pembakaran secara cepat.

Mesin V3 Empat Tak Honda yang dilengkapi kompressor listrik diperkenalkn di EICMA 2024 – dok.Honda

Walhasil, torsi yang dihasilkan oleh mesin pun telah terasa kuat meski saat putaran mesin rendah dan menengah. Selain itu, semburan tenaga dariu mesin telah terasa responsif sejak putaran mesin rendah.

Manfaat lain dari kompresor listrik itu adalah, memungkinkan para insinyur pabrikan leluasa memusatkan massa dari motor. Sebab, dengan kompresor listrik maka motor tidak perlu menggunakan intercooler (yang membutuhkan ruang lebih besar).

Dengan pemusatan massa motor pada satu titik tertentu, maka akan lebih meningkatkan keseimbangan ketika motor diajak bermanuver. “Honda berencana untuk menerapkan mesin V3 baru ke model berkapasitas lebih besar di masa mendatang, dan akan melanjutkan pengembangannya menuju produksi massal,” bunyi keterngan pabrikan berlambang sayap mengepak tersebut.

Sekadar informasi, hajatan EICMA berlangsung 5 – 10 November 2024. Di perhelatan ini, Honda juga memperkenalkan dua konsep sepeda motor listrik. (Jrr/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id

Share This Article