Honda Luncurkan Mobil Baru di GIIAS 2021, Nama Honda ZR-V Mencuat

0
1327
Rendering berupa gambar sketsa Honda ZR-V - dok.Istimewa via Motoroctane

Jakarta, Mobilitas – Honda Motor melalui PT Honda Prospect Motor (HPM) berencana meluncurkan mobil terbarunya di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang akan berlangsung di ICE, Serpong, Tangerang, pada 11 – 21 November nanti. Hanya belum diketahui secara pasti, mobil jenis apa dan namanya.

Bahkan, HPM telah merilis teaser dari mobil anyar tersebut, meski selubung ketat berwarna merah menutup setiap jengkal bagian darinya. Kendati begitu, lelukan beberapa bagian tubuhnya masih cukup terdeteksi secara visual, yang kuat mengindikasikan bahwa mobil tersebut merupakan small atau compact SUV.

Dugaan ini mencuat jika dilihat dari bagian atap yang terdapat roof rail dengan tepian atap yang terkesan kokok. Kemudian dari bagian fender yang terlihat kokoh, layaknya fender sebuah SUV.

Hanya, Business Innovation & Sales Marketing Director PT HPM Yusak Billy yang dikonfirmasi Mobilitas, di Jakarta, Senin (25/10/2021) terkait soal jenis mobil yang akan diluncurkan secara global itu, masih enggan untuk mememastikannya.

Teaser mobil baru yang akan diluncurkan Honda Motor di GIIAS 2021 nanti – dok.Istimewa

“Tetapi yang pasti, kami akan menghadirkan produk world premiere di GIIAS 2021 nanti. Apa mobilnya? Silahkan ditunggu saja nanti. Yang jelas, kami hadirkan mobil yang sesuai dengan harapan, keinginan, dan tren yang tengah terjadi di Indonesia dan menjadi produk untuk pasar global juga,” papar dia.

Meski hanya sebatas normatif, namun pernyataan Billy ini memiliki arti sebuah petunjuk yang menguatkan dugaan awal bahwa mobil anyar itu adalah SUV. Tepatnya, kompak SUV, pasalnya kini model SUV yang tengah menjadi tren di Indonesia adalah SUV kompak dengan pemain yang telah hadir Nissan Magnite, Renault Kiger, Kia Sonet, Toyota Raize, dan Daihatsu Rocky.

Sementara, jika bicara SUV baru Honda, ada beberapa kemungkinan yang bakal hadir yakni Honda HR-V versi anyar, Honda WR-V, dan Honda ZR-V. Tetapi, jika dilihat dari kemungkinannya Honda HR-V sangat kecil karena model ini telah hadir di berbagai negara, sedangkan Honda WR-V juga demikian.

Rendering bagian belakang Honda ZR-V – dok.Istimewa via Beyond Creativity

Honda WR-V telah malang melintang di pasar Amerika Latin dan sejumlah negara Eropa. Mobil ini juga hadir di India. Artinya, kemungkinan terbesar yang masih ada adalah Honda HR-V. Terlebih pada tahun 2020 lalu, nama mobil ini telah masuk di daftar hak paten World Intellectual Property Organization (WIPO).

Fakta ini sesuai dengan pernyataan Billy bahwa mobil yang akan diluncurkan Honda di GIIAS 2021 adalah mobil untuk pasar global. Namun, sekjali lagi, ini masih berupa dugaan, dan untuk pastinya tentu akan terlihat nyata saat peluncuran di ajang GIIAS 2021 nanti. (Fat/Jrr/Aa)