Ilustrasi, sepeda motor Honda - dok.Istimewa

Honda Masih Kuasai Pasar Motor Italia

Arif Arianto
2 Min Read

Milan, Mobilitas – Kinerja penjualan sepeda motor Honda di Italia hingga tajhun ini masih paling mengkilap di antara mereka yang “bertarung” di Italia. Bahkan, di rentang waktu Januari hingga September tahun ini, merek berlambang sayap mengepak ini tak hanya menjadi nomor satu tetapi juga membukukan peningkatan penjualan.

Hasil riset yang dilakukan Motorcycle Data maupun laporan penjualan sepeda motor yang dirangkum Asosiasi Industri Sepeda Motor dan Aksesori Italia (ANCMA) menunjukkan, di sembilan pertama tahun ini total penjualan motor di negeri itu mencapai 257.246 unit.

Jumlah ini naik 25,7% dibanding kurun waktu yang sama tahun 2020, dan menanjak 17,2% dibanding periode sama di 2019.

Ilustrasi, skuter Piaggio – dok.Wide Magazine

“Dari total penjualan sebanyak itu, Honda lagi-lagi menjadi pemimpin pasar dengan total penjualan sebanyak 55.102 penjualan. Jumlah ini naik 34,9% dibanding Januari – September 2020. Dia disusul Piaggio yang menjual sebanyak 38.574 ( naik 21,4%) dan Yamaha yang mekego 25.689 motor (naik 9,9%),” bunyi keterangan Motorcycle Data.

Posisi tiga besar penguasa pasar motor di Negeri Pizza ini tak berbeda dengan posisi mereka di tahun 2020 lalu. Meski dari sisi volume penjualan berbeda secara signfikan.

Masih merujuk pada sumber data yang sama, fakta memperlihatkan sepanjang tahun 2020 Honda berhasil melego 46.677 unit dan menjadi pemimpin pasar. Saat itu total penjualan motor di Italia sebanyak 246.484 unit, menciut 5,3% dibanding tahun sebelumnya.

Skutik Yamaha yang dijual di Italia – dok.Yamaha Motor

Kendati merosot, namun penjualan merek asal Jepang itu ini masih jauh lebih banyak dibanding angka penjualan yang berhasil dikoleksi Piaggio. Merek lokal yang bermarkas di Pontedera, Pisa, ini melego motor buatannya sebanyak 38.064 unit di tahun tersebut. Jumlah itu ambles 10,8%.

Sedangkan Yamaha, hanya mengantongi angka penjualan 27.220 unit. Jumlah penjualan yang dikantongi merek berlambang garputala ini naik 3% dibanding penjualan di tahun 2019. (Jrr/Aa)

 

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id

Share This Article