Honda Mobilio Kian Merana, Penjualan Jeblos 82 Persen

0
1258
Honda Mobilio salah satu penikmat diskon PPnBM- dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – Mobil low MPV andalan Honda Motor di Indonesia yakni Honda Mobilio, penjualannya terus merana dari tahun ke tahun, dan jauh tertinggal oleh para pesaingnya seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, serta Suzuki Ertiga. Meski demikian, PT Honda Prospect Motor (HPM) hingga kini masih belum menyatakan akan menghentikan produksi dan penjualan Low MPV itu.

Data penjualan di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dinukil Mobilitas, Jumat (27/5/2022) menunjukkan, sepanjang Januari hingga April tahun ini total penjualan Honda Mobilio ke dealer (wholesales) hanya 480 unit. Jumlah ini ambrol 82 persen dibanding wholesales selama empat bulan pertama 2021.

Selama bulan April saja, total jumlah wholesales yang dibukukannya 223 unit. Jumlah itu ambles 37,5 persen dibanding jumlah wholesales yang dikantonginya pada April 2021.

Ilustrasi, Honda Mobilio – dok.Istimewa

Sebelumnya, selama kuartal pertama atau dari Januari hingga Maret total wholesales yang dibukukan Honda Mobilio hanya sebanyak 257 unit. Jumlah ini jeblos 88,5 persen dibanding jumlah wholesales yang dikoleksinya selama kurun waktu yang sama di tahun 2021.

Fakta data itu juga memperlihatkan, wholesales Honda Mobilio hanya terjadi pada bulan Maret saja, dan dua bulan sebelumnya nihil. Angka penjualan di bulan Maret yang sebanyak 257 unit itupun tercatat juga jeblos hingga 77,6 persen dibanding jumlah wholesales pada bulan Maret 2021. (Jrr/Aa)