Honda Mobilio: Tenggelam di Indonesia, Wassalam di Filipina

0
733
Honda Moibilio di Filipina - dok.CarGuide.ph

Jakarta, Mobilitas – Kabar tak sedap menyangkut kinerja bisnis mereka asal Jepang – Honda Motor Company (Honda) – berembus dari Filipina. Honda Motor di Filipina atau Honda Cars Philippines, Inc. (HCPI) baru saja menyatakan tidak akan menjual lagi Honda Mobilio.

Laman Autoindustriya, Jumat (18/6/2021), melaporkan nama Honda Mobilio di situs resmi agen pemegang merek Honda di negeri itu sudah tak mencantumkannya lagi sebagai barang dagangannya. HCPI menyatakan akan fokus ke model yang masih ada yakni Honda BR-V, Honda CR-V, dan Honda City hatchback.

Dan faktanya, data yang dikutip laman itu menunjukkan sepanjang tahun 2020 lalu, Honda Mobilio hanya terjual sebanyak 169 unit saja. Artinya, saban bulannya hanya belasan unit saja Honda Mobilio yang terjual di negara itu.

Honda Mobilio – dok.Istimewa

“Kami memperhatikan perubahan permintaan pasar. Dengan fokus ke segmen yang berkembang, kami akan dapat memenuhi kebutuhan konsumen secara lebih baik,” bunyi keterangan HCPI.

Tak berbeda dengan di Indonesia, Honda Mobilio di negara itu juga bertarung keras dengan Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, dan Mitsubishi Xpander. Meski angka penjualannya jauh lebih gede, namun tren kinerjanya kurang lebih sama, terus tenggelam.

Sejak tahun 2017
Data yang dicatat Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di tahun 2017 angka penjualan ritel yang berhasil dikantongi Low MPV yang dijajakan PT Honda Prospect Motor (HPM) ini masih sebanyak 33.360 unit. Tetapi, di tahun 2018 ambrol hingga menjadi 25.438 unit.

Tahun berikutnya – atau di tahun 2019 – longsor penjualan ritel kembali terjadi. Bahkan semakin parah, sehingga angkanya menjadi 16.886 unit.

Begitu pun di tahun 2020. Anjloknya penjualan kembali terjadi, sehingga totalnya hanya sebanyak 6.889 unit.

Adapun di triwulan pertama – Januari hingga Maret – tahun 2021 ini Honda Mobilio hanya membukukan penjualan ritel sebanyak 1.931 unit. Dia hanya bercokol di urutan keenam dari tujuh model besutan tujuh merek yang betempur menggaet konsumen di ceruk pasar ini.

Logo Honda – dok.Reuters

Tetapi tak hanya dalam penjualan ritel saja Mobilio terus ambles, tetapi juga dalam penjualan ke diler (wholesales). Fakta data berbicara, di tahun 2017 wholesales yang dibukukannya masih sebanyak 35.430 unit.

Namun pada tahun berikutnya – tahun 2018 – merosot menjadi 24.373 unit. Begitu pun di tahun 2019, sehingga menjadi 15.318 unit. Bahkan di tahun 2020, wholesales-nya hanya 5.688 unit. (Jrr/Swe/Aa)