Jakarta, Mobilitas – PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan program product update berupa pemeriksaan atau penggantian komponen pada beberapa model mobil.
Mobil yang ditarik (di-recall) untuk menjalani program product update itu mencapai 11.652 unit, yang terdiri dari Honda Civic, All New Honda CR-V dan All New Honda Accord tahun produksi tertentu. Keterangan resmi PT HPM yang diterima Mobilitas di Jakarta, Jumat (3/1/2025) menyebut mobil-mobil itu sebagian mengalami masalah di komponen Steering Gearbox dan sebagian komponen High Pressure Fuel-nya mengalami masalah.
Mobil yang komponen Steering Gearbox-nya bermasalah berpotensi mengalami kendala seperti bunyi abnormal. Model kendaraan yang teridentifikasi dalam program ini sejumlah 7.632 unit, yaitu Honda Civic RS, tahun produksi 2021–2024, Honda Civic Type R, tahun produksi 2023–2024, dan All New Honda CR-V tahun produksi 2023–2024
“Proses penggantian komponen pada Steering Gearbox diperkirakan memerlukan waktu sekitar 1– 4 jam,” bunyi keterangan resmi HPM.
Sementara, mobil yang teridentifikasi mengalami masalah pada komponen High Pressure Fuel Pump berpotensi menimbulkan bau bahan bakar di ruang kabin. Masalah ini diperkirakan dialami oleh 4.020 unit mobil.
Mereka yang teridentifikasi mengalami masalah ini adalah All New Honda Accord RS e:HEV tahun produksi 2024, dan All New Honda CR-V RS e:HEV tahun produksi 2023–2024. “Proses pemeriksaan atau penggantian High Pressure Fuel Pump diperkirakan memerlukan waktu sekitar 1 jam,” sebut HPM.
Para pemilik kendaraan diimbau untuk memeriksa apakah kendaraannya termasuk dalam program ini dengan mengunjungi link pud.honda-indonesia.com. Namun, yang perlu diketahui, tidak semua kendaraan dengan tahun produksi yang disebutkan di atas teridentifikasi dalam program ini.
Pemilik kendaraan yang teridentifikasi diminta menghubungi atau mendatangi dealer resmi Honda terdekat untuk mendaftar dan menjadwalkan pemeriksaan atau penggantian komponen. Pemeriksaan atau penggantian komponen dapat dilakukan mulai dari Jumat, 3 Januari 2025, dan dilakukan tanpa dikenakan biaya apapun.
Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM, Yusak Billy menegaskan Honda selalu berkomitmen pada keselamatan dan kenyamanan pelanggan. “Oleh karena itu mengambil langkah proaktif untuk memastikan bahwa kendaraan Honda tetap memenuhi standar kualitas dan keamanan yang telah kami tetapkan,” papar Billy. (Jrr/Aa)