Hongqi L-Concept, Sedan Mewah yang Bisa Melaju Tanpa Supir

0
138
Hongqi L-Concept hadir di Shanghai Auto Show 2021- dok. Istimewa via Carscoops

Shanghai, Mobilitas – Merek mewah yang berada di bawah payung grup FAW, Hogqi, yang hadir di hajatan Shanghai Auto Show 2021 yang kini tengah berlangsung, membuat publik dunia terpana. Betapa tidak, merek yang berdiri mulai tahun 1958 ini membuat gebrakan yang melampaui perkiraan publik dunia.

Di gelaran yang berlangsung 21 – 28 April itu Hongqi memperkenalkan konsep sedan supermewah Hongqi L-Concept di gelaran tersebut. Sedan fullsize empat pintu ini memiliki gaya desain dan teknologi yang lain dari lainnya.

Seperti dilaporkan China Daily dan Forma Car, Rabu (21/4/2021), tampilan mobil ini memiliki tampilan aristokrat yang setara dengan Rolls-Royce atau Bentley. Namun, Hongqi lebih out of the box.

Hongqi L-Concept tidak memiliki roda kemudi yang menjadi petunjuk bahwa mobil ini mengadopsi teknologi otonom level 5 alias bisa melaku tanpa supir – dok.Istimewa via Carscoops

Atap misalnya dilabur kelir putih dengan desain unik berpola seperti potongan wajik. Lalu, lampu utama LED yang dibuat unik, karena jika diamati secara cermat memiliki kemiripan pola dengan sarang laba-laba.

Pintu mobil ini juga unik, dimana bagian belakang menganut model suicide door dengan cara membukanya yang berlawanan arah dengan pintu depa. Parasnya unik dengan grill besar, garis atap fastback, dan bonet panjang merupakan kekhasan Hongqi L-Concept ini.

Namun yang paling menarik ada tiga hal. Pertama, tidak adanya roda kemudi. Artinya, mobil ini berteknologi otonom level 5, alias tanpa supir.

Honqi L-Concept hanya menyediakan jok untuk penumpang di bagian belakang. Menariknya, sebuah lampu gantung dipasang di plafon persis di tengah kedua jok. – dok.Istimewa via Carscoops

Kedua, jumlah jok yang hanya tiga dengan formasi satu di bagian depan dan dua di belakang.Tentu saja, ini membuat ruang bagi kaki penumpang belakang sangat lapang.

Keunikan ketiga, Hongqi memasang lampu gantung kristal di bagian tengah di antara dua jok bagian belakang. Kehadirannya mencuatkan kesan mewah dan betah penumpang di dalam kabin.

Hongqi L-Concept memiliki tampilan atap hingga bagian belakang yang khas – dok.Istimewa via Carscoops

Hanya, belum ada informasi soal spesifikasi jantung mekanis dan serangkaian fitur pendukung keamanan maupun kenyamanan berkendara. Namun, produksinya dikabarkan akan dilakukan pada tahun 2023 mendatang. (Arf)