Hyundai Staria Segera Meluncur di RI

0
1210
Hyundai Staria - dok.Istimewa via Carscoops

Seoul, Mobilitas – Pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai Motor Company (Hyundai) mengaku telah menjadwalkan peluncuran minivan Hyundai Staria di Thailand pada 9 Juli pekan ini. Penggelontoran model yang disebut-sebut sebagai versi anyar Hyundai Starex (Hyundai H-1) itu akan diikuti peluncuran di sejumlah negara lain di kawasan Asia Tenggara.

Seperti dilaporkan Yonhap, Selasa (6/7/2021) Juru Bicara Hyundai dalam pernyataannya menyebut negara lain yang segera diserbu Hyundai Staria adalah Vietnam, Malaysia, dan Indonesia. “Hyundai juga berencana untuk mulai memperkenalkan minivan Staria di Vietnam, Malaysia, dan Indonesia pada kuartal ketiga tahun ini,” kata dia.

Selama ini penjualan Hyundai Starex di Thailand terbilang lumayan. Sepanjang tahun 2020 lalu – di tengah maraknya pandemi Covid-19 – Hyundai Starex terjual sebanyak 4.000 unit di negeri itu.

Interior bagian depan Hyundai Staria – dok.Istimewa via Techzle

Laman Autoindustriya melaporkan, Hyundai Motor di Thailand telah menebar teaser peluncuran yang bakal dilakukan secara virtual itu di akun facebook resminya. Dari teaser itu diketahui peluncuran dijadwalkan berlangsung 9 Juli

Staria yang bertarung di segmen pasar MPV high – bersama Toyota Voxy dan Nissan Serena – itu yang disajikan dalam dua versi yakni kendaraan penumpang dan kendaraan kargo. Versi kendaraan penumpang, mobil ini hadir dalam tiga versi, yakni tujuh kursi, sembilan kursi, dan sebelas kursi.

Jok baris kedua Hyundai Staria – dok.Istimewa via Tech Deeps

Dua pilihan mesin
Mereka berasal dari dua varian mesin. Keduanya adalah, mesin berbahan bakar diesel dengan kubikasi 2.2 liter dan mesin bensin 3.5 liter.

Hyundai Korea menyebut harga Hyundai Staria dipatok mulai 27 juta won atau sekitar Rp 352 juta hingga 41 juta won atau sekitar Rp 534 juta. Rentang harga tersebut tergantung tergantung tipenya.

Versi sebelumnya, atau Hyundai H-1 (atau versi sebelum Staria), penjualannya masih jauh tertinggal para pesaing. Data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan hal itu.

Tampilan belakang Hyundai Staria – dok.Autoblog

Sepanjang Januari – Oktober 2020 lalu MPV ini terjual ke konsumen (ritel) sebanyak 334 unit. Jumlah ini susut dibanding periode sama tahun 2019 yang sebanyak 393 unit.

Sedangkan di bulan pertama atau Januari tahun ini, penjualan ke konsumen Hyundai H-1 sebanyak 23 unit. Jumlah ini setara dengan 9,7% dari total penjualan MPV di segmennya.

Sejak beberapa waktu lalu, Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Hyundai Staria telah muncul di situs resmi Samsat DKI Jakarta tahun 2021. Pada situs ini disebutkan Hyundai Staria – dengan nama kode 2.2 2WD 8AT – memiliki rentang harga Rp395 juta hingga Rp 420 juta.

Namun yang perlu diingat, NJKB adalah hanya patokan dasar dari nilai jual seuah produk dan belum termasuk pajak dan lain-lain.(Jrr/Aa)