Beijing, Mobilitas – Sepanjang Januari hingga Mei tahun ini penjualan mobil ke konsumen (ritel) di Republik Rakyat Cina (Cina) Januari tercatat melonjak dibanding kurun waktu yang sama tahun 2020. Tingginya lonjakan penjualan ritel itu bahkan mencapai 42,3%.
Data yang dilansir Asosiasi Produsen Mobil Cina (CAAM) dan Asosiasi Mobil Penumpang Cina (CPCA) menunjukkan di lima bulan pertama tahun ini total penjualan ritel mobil di Negeri Panda itu mencapai 8.392.325 unit. Jumlah penjualan itu dibukukan oleh 124 merek atau produsen mobil yang bersaing ketat di negeri dengan jumlah penduduk hampir 1,44 miliar jiwa itu.
Seperti dilaporkan laman Best Selling Cars, Jumat (2/7/2021) produsen penguasa pasar selama periode itu – khususnya di 10 besar – hampir tak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun, untuk model atau mobil yang paling laku dibeli konsumen mengalami pergeseran.
Maklum, tak sedikit di antara mobil-mobil yang dijajakan pabarikan selama lima bulan itu tak sedikit yang versi baru alias versi yang telah mendapatkan ubahan.
“Sementara, faktor kebaruan apakah hanya sekadar ubahan sehingga tampilan menjadi baru atau yang benar-benar model baru adalah daya tarik utama bagi konsumen,” ujar analis industri di Shanghai, Eddie Zhang.
Berikut 10 merek dan mobil dengan penjualan ritel terbanyak selama lima bulan pertama:
10 Merek atau pabrikan terlaris:
Volkswagen: 1.105.037 unit
Honda: 646.351 unit
Toyota: 630.786 unit
Nissan: 433.263 unit
Geely: 417.567 unit
ChangAn: 406.014 unit
Buick: 376.181 unit
Wuling: 356.957 unit
Audi: 301.762 unit
BMW: 298.936 unit
10 Mobil terlaris:
Nissan Sylphy: 197.141 unit
VW Lavida: 188.576 unit
Haval 6: 155.583 unit
VW Bora: 144.257 unit
Toyota Corolla: 140.395 unit
Buick Yinlang: 134.319 unit
VW Sagitar: 129.247 unit
Honda CR-V: 116.900 unit
Toyota Levin: 96.817 unit (Din/Aa)