Jakarta, Mobilitas – Sepanjang empat bulan pertama, yakni dari januari hingga April, penjualan mobil – yang meliputi kendaraan penumpang maupun komersial – di Indonesia tercatat meningkat dibanding penjualan selama periode sama tahun 2020.
Penjualan ke konsumen (ritel) tercatat sebanyak 257.953 unit atau naik 5,9% dan penjualan dari pabrik ke diler (wholesales) 265.934 unit alias naik 8,65%.
Data yang dikoleksi Mobilitas dari catatan laporan penjualan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperlihatkan, Toyota masih menjadi merek terlaris alias paling banyak terjual secara ritel. Jumlahnya mencapai 80.176 unit.
Daihatsu menjadi merek terlaris kedua setelah berhasil menjual mobil sebanyak 43.983 unit. Kemudian Honda menjadi terlaris ketiga setelah terjual ke konsumen sebanyak 33.323 unit.
Berikutnya, Mitsubishi Motors yang mencatatkan penjualan 31.561 unit, dan Suzuki yang terlego sebanyak 27.078 unit. Lalu, Mitsubishi Fuso yang mengoleksi angka penjualan 9.739 unit berada di urutan keenam.
Isuzu yang laku sebanyak 8.059 unit bertengger di posisi ketujuh. Sementara, merek asal Cina – Wuling Motors – mendiami posisi kedelapan setelah terjual sebanyak 6.075 unit.
Hino Motors yang produknya terjual 5.853 unit nangkring di urutan kesembilan. Sedangkan posisi kesepuluh ditempati Nissan Motor setelah mengantongi angka penjualan sebanyak 2.850 unit. (Jrr/Aa)