Jakarta, Motoris – Penjualan mobil – yang meliputi kendaraan bermotor roda empat maupun lebih – di Indonesia sepanjang Oktober tahun ini terbukti lebih mencorong dari tahun lalu. Baik penjualan ke diler (wholesales) maupun ke konsumen langsung (ritel) mencatatkan peningkatan.
Data yang dikutip Mobilitas dari laporan penjualan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan pada bulan kesepuluh itu total wholesales yang dikoleksi agen pemegang merek mobil di Tanah Air sebanyak 75.544 unit. Jumlah itu meningkat 54,1% dibanding penjualan selama bulan Oktober tahun 2020.
Sedangkan penjualan ritel pada bulan yang sama mencapai 76.988 unit. Angka ini melonjak hingga 67% dibanding bulan yangsama pada tahun lalu.
Hampir semua merek membukukan kenaikkan penjualan, ada juga yang menyusut dibanding penjualan selama bulan yang sama tahun 2020. Honda misalnya, menciut 7,0%, lalu Nissan ambrol 61,6%, BMW mengempis 0,5%, dan Lexus ambles 19,8%.
Secara umum ada 20 merek yang terlaris dibeli konsumen (ritel) selama bulan kesepuluh tersebut. Mereka adalah:
Toyota: 28.367 unit
Daihatsu: 14.301 unit
Mitsubishi: 8.652 unit
Suzuki: 6.819 unit
Honda: 6.104 unit
Fuso: 3.522 unit
Wuling: 2.601 unit
Isuzu: 2.458 unit
Hino: 1.801 unit
Mercedes: 428 unit
Hyundai: 351 unit
Kia: 252 unit
Nissan: 240 unit
Mazda: 235 unit
DFSK: 234 unit
BMW: 185 unit
MG: 103 unit
UD Trucks: 90 unit
Lexus: 65 unit
MINI: 60 unit
Sumber: Gaikindo, 2021. (Vto/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id