Jakarta, Mobilitas – Sepanjang Januari hingga September tahun ini, penjualan pick up kelas medium ini masih moncer.
Sejumlah analis industri di bursa saham New York, Amerika Serikat, yang dikutip Trucking and Driving dan Detroit Beurau, belum ini menyebut tren penjualan pickup di negara-negara Timur Tengah dan Amerika masih tinggi meski harga minyak dunia meningkat.
“Ini terjadi karena aktivitas bisnis masyarakat pengguna kendaraan ini (pick up) masih meningkat. Sehingga, meski harga minyak mentah dunia meningkat, permintaan masih terus terjadi. Karena kendaraan jenis itu (pick up) merupakan kendaraan yang populer di masyarakat Amerika, Timur Tengah, Australia, serta sebagian Asia,” ungkap Brigitte Fischer.
Mengutip data perusahaan riset Merchant Market, Brigitte menyebut total penjualan pick up medium (double dan single cabin) sepanjang sembilan pertama 2023 mencapai sekitar 3,21 juta. Jumlah ini meningkat 10,1 persen dibanding periode sama tahun lalu.
Sementra itu, laporan Focus2Move yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Rabu (1/11/2023) menunjukkan, sepanjang Januari hingga September tahun ini, pick up Ford Series tercatat sebagai pick up medium paling laris di dunia. Total penjualannya mencapai 662.866 unit, meningkat 18 persen dibanding periode sama di tahun 2022.
Berada di urutan kedua ada Chevrolet Silverado yang terjual 456.740 unit, naik 5,7 persen. Dia disusul Toyota Hilux yang terjual 428.740 unit, ambles 4,4 persen dibanding sembilan bulan pertama 2022.
Kemudian pick up RAM berada di posisi keempat dengan penjualan 393.778 unit, naik 6,4 persen. Sedangkan di posisi kelima GMC Sierra yang menjual 266.458 unit, meningkat 25 persen.
Sementara, Ford Ranger yang bertengger di posisi keenam terjual sebanyak 251.051 unit, naik 12,5 persen. Posisi ketujuh ditempati Isuzu D-Max yang terjual sebanyak 198.880 unit, melorot 6,8 persen.
Peringkat kedelapan dihuni Toyota Tacoma yang terjual 195.762 unit, meningkat 4,1 persen. Dia disusul Mahindra yang becokol di urutan kedelapan dengan 168,523 unit, naik 17,1 persen.
Adapun urutan kesepuluh ditempati Toyota Tundra. Pick up Toyota ini terjual 102.643 unit, atau meningkat 22,6 persen dibanding penjualan yang dibukukannya selama sembilan pertama 2022. (Din/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id