Ini Dia, 20 Maskapai Penerbangan Paling Aman di Dunia

0
1254
Pesawat milik Air New Zealand - dok.Istimewa

Sidney, Mobilitas – Situs pemeringkat kinerja perusahaan maskapai penerbangan dunia asal Australia – AirlineRating.com – kembali merilis hasil risetnya terhadap layanan penerbangan yang diberikan maskapai-maskapai penerbangan. Total ada 385 maskapai penerbangan dengan layanan rute jarak jauh yang disurvei.

Seperti dilaporkan CNN dan The National News, Jumat (7/1/2021) ada 20 maskapai yang mendapatkan predikat paling aman dalam penerbangan. Penilaian itu didasarkan sejumlah diindikator yang diukur dengan skor skala 0 – 100 poin.

Indikator tersebut meliputi angka kecelakaan dan insiden serius yang dialami pesawat miliki maskapai, usia pesawat yang dipakai, protokol kesehatan dalam penangkalan Covid- 19, serta inovasi terbaru dalam operasional di udara dan di kantor. Hasilnya, maskapai penerbangan Air New Zealand berada di posisi teratas dalam daftar 20 maskapai paling aman 2022.

Pesawat Qatar Airways – dok.Yahoo.finance

“Maskapai penerbangan Selandia Baru itu bercokol di posisi puncak karena catatan insiden yang sangat sedikit atau sangat baik, jumlah inovasi kokpit, pelatihan pilot dan usia armada yang sangat muda,” kata Pemimpin Redaksi situs itu Geoffrey Thomas, seperti dikutip CNN.

Posisi kedua diraih oleh Etihad Airways, Qatar Airways ada di posisi ketiga, serta Singapore Airlines dan TAP Portugal masing-masing menempati posisi keempat dan kelima. Maskapai penerbangan yang hilang dari daftar lima besar adalah Qantas.

Pesawat Boeing 737 -800 milik Singapore Airlines – dok.Mainly Miles

Berikut daftar selengkapnya 20 maskapai penerbangan paling aman di dunia itu:
1. Air New Zealand
2. Etihad Airways
3. Qatar Airways
4. Singapore Airlines
5. TAP Air Portugal
6. SAS
7. Qantas
8. Alaska Airlines
9. EVA Air
10. Virgin Australia Airlines
11. Cathay Pacific
12. Maskapai Hawaiian
13. American Airlines
14. Lufthansa/Grup Swiss
15. Finnair
16. Air France Group-KLM
17. British Airways
18. Delta Air Lines
19. United Airlines
20. Emirates
Sumber: AirlineRating.com 2022. (Vto/Aa)