Ini Dia AX1, SUV Mungil Hyundai yang Siap Gebrak Pasar Dunia

0
911
Hyundai AX1, tengah menjalani tes jalan - dok.Istimewa

Seoul, Mobilitas – Hyundai Motor Company (Hyundai) dikabarkan segera meluncurkan dan memproduksi model anyar yang dinamai SUV mikro pada September nanti di Korea, sebelum digelontorkan di negara-negara lain, terutama Asia. Mobil yang masih menggunakan nama AX1 itu, bahkan sudah sejak beberapa bulan lalu kedapatan tengah dites di jalanan.

Seperti dilaporkan laman The Korean Car Fans dan Korea Car Blogs, belum lama ini, pada Mei lalu Hyundai kedapatan lagi mengetes jalan mobil tersebut. Pengetesan ini disusul dengan ditebarkannya gambar teaser (penggoda) sehingga mengindikasikan dengan jelas mobil ini segera diluncurkan.

Meski dibalut kamuflase yang cukup rapat, namun sejumlah bagian dari AX1 masih cukup terlihat jelas. “Parasnya mememiliki kemiripan dengan Hyundai Venue dan Hyundai Kona. Gaya desain bodinya terlihat agak kotak dan ukuran yang kompak, dengan kap mesin datar,” tulis dua media itu.

Tampilan belakang Hyundai AX1 versi siap produksi yang masih dibalut kamuflase – dok.Youtineer

Lampu utama itu mengapit grill dengan bentuk balok (persegi panjang) bergaya desain baru. Lampu sein (terlihat) disatukan dengan daytime running light (DRL) LED ditempatkan secara terpisah dengan lampu utama yakni di ujung kap mesin.

Hyundai juga memberinya skid plate dengan saputan warna yang kontras dengan warna gril. Sementara di belakang, lampu utama ditempatkan pada bumper yang mengapit dudukan pelat nomor.

Sementara lampu mundur dan lampu sein disatukan dalam satu rangkaian yang membentuk pola horizontal di pintu belakang. Hyundai memberinya spoiler yang diimbuhi stop lamp, dan antena model sirip hiu.

Handel pintu belakang yundai AX1 ditemaptkan pada jendela dan pengait di pilar C- dok.Korean Car Blog

Menariknya, pabrikan yang juga induk dari Kia Motor Corporation ini menempatkan handel pintu belakang pada sudut bawah jendela, dengan pengait di pilar C. Walhasil, mobil seolah hanya memiliki tiga pintu (dua di depan dan satu di belakang).

Pilihan mesin
Pada bagian atap terdapat roof rail dengan warna silver. Keberadaanya memperkuat kesan sebuah SUV.

Belum ada informasi apapun terkait fitur yang ada di interior. Meski ada dugaan kemungkinan digunakannya peranti hiburan berlayar 8 inci. Pabrikan juga diduga bakal memberinya kaca spion yang bisa disesuaikan secara elektrik, serta kamera parkir.

Penggunaan fitur Antlock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD) juga diduga tak musil terjadi. Terutama untuk tipe teratas.

Tampilan belakang Hyundai AX1 yang ditutup rapat kamuflase – dok.Korea Car Fans

Untuk mesin belum ada informasi apapun. Meski, patut diduga Hyundai AX1 bakal menggunakan mesin empat silinder 1.2 liter yang diusung Hyundai Grand i10 Nios. Dugaan lain menyebut ada kemungkinan ditawarkan juga mesin 1.0 liter yang diimbuhi turbocharger.

Penyaluran tenaga menggunakan transmisi manual lima tingkat percepatan atau otomatis dengan lima tingkat percepatan. Namun, ini pun juga masih dugaan.

Jika dugaan itu benar, bisa jadi Hyundai AX1 ini bakal menantang Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. (Jrr/Aa)