Ini Dia Mobil dan Bus Listrik Terbaru Besutan Foxconn, Keren dan Canggih

Mobil listrik konsep dari Foxconn, Foxtron Model D - dok.Istimewa

Taipei, Mobilitas – Dua prototipe model mobil listrik anyar tersebut terdiri dari kendaraan serbaguna penunjang gaya hidup (LMUV) yang dinamai Model D dan bus listrik medium yang disebut sebagai Model U.

Laporan Nikkei dan The EV Report yang disitat Mobilitas di Jakarta, Kamis (10/10/2024) menyebut Hon Hai Technology Group (Foxconn) – yang dikenal sebagai perakit gadget iPhone – itu meluncurkan konsep dua mobil itu di hajatan Hon Hai Tech Day di Taipei, Taiwan, Selasa (8/10/2024).

“Model D dirancang sebagai kendaraan serbuguna penunjang gaya hidup yang menggabungkan fitur sebuah SUV dengan MPV. Dengan dimensi panjang 5,2 meter dan jarak sumbu roda 3,2 meter, mobil ini menawarkan interior yang luas dan nyaman,” sebut keterangan Foxconn.

Selain itu, mobil yang menggunakan teknologi platform terbaru dari Foxconn ini dibekali perangkat suspensi penemukatik aktif. Sehingga, memungkinkan penyesuaian ketinggian mobil untuk mendapatkan stabilitas berkendara yang optimal.

Tingkat koefisien hambatan (koefisien drag) atau tingkat hambatan yang dialami ketika mobil bergerak dioptimalkan hingga 0,23. Caranya, dengan menggunakan saluran udara dan tirai udara yang dirancang khusus.

Bus listrik konsep yang dibuat Foxconn, Model U – dok.Istimewa

Menariknya lagi, dalam perancangan desain mobil ini Foxconn bekerjasama sama dengan Pininfarina SpA. Seperti diketahui, Pininfarina merupakan sebuah perusahaan spesialis perancangan mobil-mobil kelas premium kondang asal Italia.

Sementara itu, Model U yang merupakan bus ukuran medium menggunakan bahasa desain yang inovatif dari bus listrik besar yang dibuat Foxconn sebelumnya, yakni Model T. Bus tersebut diposisikan sebagai sarana angkutan untuk area perkotaan yang sempit atau daerah terpencil.

Foxconn sengaja mendesainnya dengan kesan yang lugas dan bersih dengan jendela besar guna memperluas visibilitas atau daya jangkau pandangan bagi penumpang. Walhasil, kenyamanan penumpang juga meningkat dan tak merasa penat selama perjalanan.

Sedangkan kabinnya menganut konsep fleksibilitas tinggi, sehingga memungkinkan penyesuaian penataan berdasarkan kebutuhan khusus. Pengoperasian bus memakai kontrol elektronik dan ADAS yang canggih agar lebih aman dan nyaman.

Adapun desain bodinya dibuat dengan tingkat aerodinamika yang tinggi. Hal itu dimaksudkan agar konsumsi daya listrik yang digunakannya lebih hemat. (Anp/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id