Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the foxiz-core domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /var/www/vhosts/mobilitas.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 6114

Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the molongui-authorship domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /var/www/vhosts/mobilitas.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 6114
Ini Dia Neta Aya, Pengganti Neta V yang Tak Dijual Lagi di Cina – Mobilitas.id
Neta Aya yang merupakan pengganti Neta V yang dijual di Cina sejak 4 Agustus 2023 - dok.Istimewa

Ini Dia Neta Aya, Pengganti Neta V yang Tak Dijual Lagi di Cina

Arif Arianto
3 Min Read

Zhejiang, Mobilitas – Neta Auto meluncurkan versi facelift atau versi anyar dari crossover Neta V di Cina pada 4 Agustus lalu, namun versi anyar itu menyandang nama baru yakni Neta Aya.

Laporan DongCheDi dan ChinaEVPost yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Jumat (27/10/2023) menyebut tampilan Neta Aya masih mempertahankan gaya desain Neta V. Parasnya menggunakan grill tertutup yang menjadi ciri khas mobil listrik murni (BEV), dan bagian bawah berbentuk trapesium dengan hiasan pola dot-matrix yang khas.

Sementara lubang pengisian daya baterati diletakkan pada sepatbor depan. Menariknya, pilar-pilar mobil ini dibalur warna hitam, untuk mencuatkan kesan atap yang menggantung.

Neta Auto menyuguhkan pilihan varian dengan beragam ukuran pelek. Termasuk pelek palang empat berukuran 16 inci yang berbalut ban berukuran 185/55R16.

Mobil berdimensi panjang 4.070 milimeter (mm), lebar 1.690 mm, tinggi 1.540 mm, dan jarak sumbu roda 2.420 mm ini berkapasitas empat tempat duduk. Neta Aya tersedia dalam dua versi berdasar daya jelajah berdasar CLTC.

Tampilan bagian belakang Neta AYA – dok.ChinaEVPost

Pertama, versi dengan daya jelajah hingga 318 kilometer (km), yang mengusung motor listrik bertenaga hingga 40 kW dengan torsi 110 Nm. Sedangkan versi kedua, berdaya jelajah hingga 410 km yang mengusung motor lsitrik bertenaga 70 kW dengan torsi 150 Nm.

Mobil ini disajikan dalam empat tipe. Mereka dibanderol RMB (Renminbi) 83.900 – RMB 96.900 atau sekitar Rp 182,9 juta – Rp 210,56 juta (kurs RMB 1 = Rp 2.172,93).

Soal penjualan, ternyata cukup tokcer. Data Asosiasi Pabrikan Mobil Cina (CAAM) dan Asosiasi Mobil Penumpang Cina (CPCA) yang dinukil Mobilitas, di Jakarta, menunjukkan sejak dijual 4 Agustus hingga akhir September 2023, Neta Aya telah laku sebanyak 10.834 unit, dimana 5.225 unit dibukukan pada bulan September.

Namun, Neta Auto tidak menjelaskan soal alasan pergantian Neta V oleh Neta Aya itu. Meski data penjualan Neta V yang mulai dijual Juni 2020 itu, rata-rata per bulan (sejak Januari – Juli 2023) tak sampai 5.000 unit.

Data CAAM dan CPCA memperlihatkan, Neta V selama Januari tahun ini terjual 3.487 unit, Februari 5.013 unit, Maret 1.098 unit, dan April 4.727 unit. Kemudian di Mei sebanyak 3.096 unit, Juni 2.268 unit, dan Juli sebanyak 2.683 unit. (Swe/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id

Share This Article