Ini Dia Tiga Motor Tercepat Sejagat

0
291
Tampilan motor terkencang di dunia, Dodge Tomahawk - dok.Istimewa

California, Mobilitas – Pabrikan sepeda motor dunia hingga kini masih berlomba untuk menciptakan produk dengan keunggulan yang paling utama, yakni kecepatan. Meski, berbagai aspek penunjang, seperti fitur keamanan dan kenyamanan berkendara juga tidak mereka abaikan.

Mereka terus melakukan uji demi uji untuk mendapatkan teknologi terkini yang benar-benar andal untuk memenangi kompetisi. Tetapi, motor-motor yang mereka ciptakan itu bukalah motor adu kecepatan di laga balap atau sirkuit, tetapi motor versi jalan raya yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk mendukung mobilitas mereka sehari-hari.

Seperti dihimpun laman Beautiful Life dan Il Moto belum lama ini, jika diperingkat ada sederet nama motor dari berbagai merek maupun pabrikan yang bertengger di daftar motor dengan laju tercepat sejagat. Mereka saling silih berganti menggeser posisi.

Namun, hingga awal tahun 2021 ini, ada lima sepeda motor yang terus bertahan – belum tergantikan – di daftar tercepat sedunia. Mereka adalah :

Pertama, Dodge Tomahawk. Ini merupakan motor bermesin sportscar Dodge Viper dengan konfigurasi V10 dengan 10 silinder berkubikasi 8.277cc yang menghasilkan semburan tenaga hingga 500 hp. Berbekal tenaga sebesar itu, motor ini sanggup melesat hingga 480 km/jam (kpj) lebih.

Bahkan, jika digeber secara maksimal kecepatan bisa mencapai 675 kpj. Untuk berakselerasi dari posisi diam atau kecepatan 0 kpj ke kecepatan 100 kpj hanya butuh waktu 2,6 detik.

Bayangin, betapa gilanya motor ini. Kabarnya, otoritas transportasi jalan raya di Amerika Serikat melarang motor ini digunakan di jalanan. Alasannya demi keamanan bersama.

Suzuki Hayabusa tengah dikendarai – dok.Istimewa

Kedua, Suzuki Hayabusa. Motor yang dikenal dengan nama lain, Suzuki GSX1300R Hayabusa adalah sepeda motor hyper sport yang diproduksi Suzuki Motor sejak tahun 1999 lalu.

Dia dibekali mesin mesin 4 silinder segaris 1340 cc. Mesin ini sanggup meletupkan tenaga hingga 156,1 hp pada putaran mesin 9.500 rpm. Tenaga disalurkan ke roda belakang menggunakan transmisi 6 tingkat percepatan (1-N-2-3-4-5-6).

Motor dengan rangka alumunium ini sanggup melesat hingga 325 kpj, bahkan lebih. Akselerasi dari posisi diam atau 0 kpj ke jarak 400 meter dicapai dalam waktu 10,0 detik.

MTT Y2K Superbike – dok.Istimewa

Ketiga, MTT Y2K Superbike. Ini merupakan motor superbesar buatan MTT (Marine Turbine Technologies), sebuah perusahaan yang berkantor di Franklin, Los Angeles, Amerika Serikat.

MTT membekalinya dengan mesin  Rolls-Royce Allison 250-C20 Series Gas Turbine, yang dikawinkan dengan transmisi otomatis dua tingkat percepatan. Semburan tenaga yang dihasilkan mencapai 320 hp pada 52.000 rpm, dengan torsi 677,9 Nm yang mulai meletup sejak putaran mesin 2.000 rpm.

Dengan bekal tenaga plus torsi sebesar itu, motor ini mampu melesat hingga 300 kpj. Namun, sumber internal pabrikan menyebut jika disetting lagi agar lebih maksimal, kecepatannya bisa mencapai 400 kpj.

MTT Turbine Superbike Y2K – dok.Istimewa

Akselerasi dari 0 kpj ke kecepatan 300 kpj dicapai dalam tempo 5,2 detik. Sedangkan akselerasi dari 0 kpj ke 100 kpj dicapai dalam waktu 1,5 detik. (Din/Aa)