Maranello, Mobilitas – Setelah rumor dan teaser terus bermunculan sejak berbulan lalu, akhirnya Ferrari Purosangue diluncurkan.
Di situs resminya, Selasa (13/9/2022) yang dikutip Mobilitas, Rabu (14/9/2022) pabrikan berlambang kuda jingkrak itu menyebut Purosangue (yang berarti berdarah murni) merupakan mobil empat pintu dengan empat kursi. Dia berdimensi panjang 4.973 milimeter (mm), lebar 2.028 mm, tinggi 1.589 mm, serta wheelbase 3.108 mm.
Hanya, pabrikan yang bermarkas di Maranello Italia ini menolak untuk menyebutnya sebagai Sport Utility Vehicle (SUV). Meski, secara dimensi mobil ini memiliki karakter sebuah SUV.
“Tolong jangan menyebutnya SUV. Ini Ferrari,” kata Chief Executive Officer Ferrari, Benedetto Vigna, seperti dikutip Bloomberg, Rabu (14/9/2022).
Performanya pun luar biasa. Mesin V12 berkode F140IA enam silinder berkapasitas 6.5 liter yang diusungnya sanggup menyemburkan tenaga hingga 725 PS pada 7.750 rpm dengan torsi 716 Nm pada 6.250 rpm.
Ferrari sengaja tak mengimbuhinya dengan turbocharger atau motor listrik. Kealamiahan ini sengaja diciptakan Ferrari untuk memperkuat arti nama Purosangue (darah murni).
“Mesin V12 yang diusung Purosangue ini merupakan mesin paling bertenaga yang pernah dikembangkan untuk kendaraan empat tempat duduk. Dia merupakan mesin paling bertenaga di segmen dan kelasnya,” klaim pabrikan itu.
Semburan tenaga disalurkan ke kempat roda menggunakan transmisi dual-clutch 8 tingkat percepatan. Sekadar informasi, Purosangue menggunakan sistem penggerak roda All Wheel Drive (AWD).
Ferrari mengklaim, Purosangue mampu berkaselerasi dari kecepatan 0 – 100 km/jam hanya dalam waktu 3,3 detik. Mobil ini mampu melesat 310 km/jam lebih.
Mobil yang disebut memiliki distribusi bobot depan dan belakang 49:51 itu dibekali sedereat fitur canggih. Salah satunya, sistem suspensi aktif milik Multimatic berteknologi True Active Spool Valve (TASV) yang menggunakan aktuator 48V untuk mengontrol pengaturan peredam.
Ada 24 warna eksterior, 6 warna interior, dan 6 ukuran roda yang ditawarkan. Ferrari membanderolnya (di Italia) mulai 390.000 Euro atau sekitar Rp 5,82 miliar (kurs 1 Euro = Rp 14.915,12). (Vto/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id