Jakarta, Mobilitas – Sepanjang bulan Maret tahun ini penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih (yang secara umum disebut dengan mobil) tercatat meningkat baik dibanding bulan sebelumnya (Februari 2022) maupun bulan yang sama tahun lalu (Maret 2021). Kenaikan terjadi pada penjualan ke diler (wholesales) maupun ke konsumen (ritel).
Data penjualan di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) yang dinukil Mobilitas, Rabu (13/4/2022) menunjukkan, di bulan ketiga itu total penjualan mobil ke diler (wholesales) tercatat sebanyak 98.536 unit. Jumlah ini meningkat 16% dibanding Maret tahun lalu.
Sementara, total penjualan ritel yang dibukukan seluruh pada bulan ketiga itu mencapai 89.821 unit. Angka ini bertambah banyak 16% dibanding jumlah yang dikoleksi seluruh merek selama Maret tahun 2021 yang sebanyak 77.514 unit.
Bahkan dibanding bulan sebelumnya – yakni Februari tahun ini – angka penjualan ritel selama Maret itu naik 28%. Sebab di bulan Februari total penjualan ritel yang berhasil dikoleksi seluruh merek masih sebanyak 69.989 unit.
Dengan tambahan penjualan selama bulan Maret itu, total wholesales yang dikantongi produsen mobil di Indonesia selama Januari – Maret menjadi 261.114 unit. Adapun total penjualan ritel pada kurun waktu yang sama, sebanyak 238.367 unit.
Menariknya, merek-merek yang membukukan penjualan mobil terbanyak (terlaris) selama bulan Maret ini (yakni di lima besar) tidak mengalami banyak perubahan. Meski secara posisi ada sedikit perubahan.
Berikut lima merek mobil terlaris dibeli konsumen (ritel) selama Maret 2022 di Indonesia:
Toyota: 30.935 unit
Daihatsu: 16.318 unit
Mitsubishi: 10.592 unit
Honda: 9.554 unit
Suzuki: 7.765 unit
Sumber: Gaikindo, 2022. (Vto/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id