Tangerang, Mobilitas – Mesin mobil overheat juga bisa disebabkan komponen lain seperti extra fan, thermostat, dan waterpump yang aus.
Informasi itu diungkap Kepala Mekanik Oto Klinika, Edi Purwanto, saat ditemui Mobilitas di Cipondoh, Tangerang, Minggu (7/8/2022).
“Karena selain radiatornya sendiri yang di dalamnya ada cairan coolant plus tutup dan selang radiator, kondisi sistem pendinginan mesin pada mobil juga sangat terkait dengan kondisi komponen lainnya seperti extra fan, thermostat, serta water pump,” ujar Edi.
Fungsi extra fan, kata Edi, membantu sistem kerja fan radiator ketika suhu cairan di radiator telah mencapai titik ambang batas yakni 95 derajat celcius. Hembusan angin dari baling-balingnya membantu percepatan pelepasan panas dari mesin yang dilakukan oleh radiator.
Thermostat berfungsi menjaga kestabilan temperatur mesin. Komponen ini akan menyalurkan cairan pendingin (coolant) saat suhu mesin sudah berada di ambang batas, sehingga mesin mobil tidak overheat.
Water pump,berfungsi memompa cairan di dalam radiator agar bersikulasi dengan baik. Ketika suhu cairan radiator telah menyentuh ambang batas, thermostat akan bekerja mendorong sirkulasi cairan, sehingga suhu mesin tetap terjaga dan mesin tidak overheat.
Edi mewanti-wanti agar pemilik mobil secara rutin mengeceknya ke bengkel. Sebab selain usia pakai, komponen-komponen bisa cepat aus karena berbagai penyebab lain. (Jrr/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id