Ini Tanda-tanda Kampas Kopling Mobil Harus Diganti

0
370
Kampas kopling mobil transmisi manual - dok.Xgxinwen

Tangerang, Mobilitas – Kopling mobil merupakan komponen penting di mobil yang bertugas mengurangi putaran mesin ketika melakukan perpindahan gigi transmisi agar gigi dapat berpindah dengan mudah. Di mobil manual, kinerja kopling berdasarkan tenaga pengendara dan menginjak kopling.

Nah, dalam proses perpindahan gigi transmisi inilah fungsi kampas kopling sangat penting. Perangkat ini berguna untuk memutus dan menyambungkan tenaga putar dari mesin ke transmisi.

“Pada saat kopling bekerja, kampas kopling menjadi komponen yang langsung memutar input transmisi karena kampas menyatu langsung. Kampas berperan untuk memperhalus perubahan tenaga dari mesin ke transmisi sehingga tenaga mesin lebih bisa terkontrol,” ujar Mekanik Senior Graha Oto, Paku Jaya, Serpong, Daryono, saat ditemui di Serpong, Selasa (25/5/2021).

Tuas transmisi manual mobil – dok.Driving-test.org

Kampas kopling memiliki dua komponen utama, yaitu torsion dumper dan cushion plate yang dapat meredam hentakan dan getaran saat proses sambung-putus dari tenaga mesin ke transmisi. “Sehingga tenaga mesin tetap tersalurkan secara smooth dan aman, sehingga kinerja mobil tetap maksimal,” kata Daryono.

Mengingat fungsi kampas kopling yang vital ini, maka kinerja mobil akan terganggu atau bahkan tak bisa dijalankan meski mesin dihidupkan. Sebab, tenaga dari mesin tak bisa disalurkan ke transmisi, dan transmisi menduistribusikannya ke roda.

Ada beberapa tanda-tanda kampas kpling sudah aus atau bermasalah, sehingga perlu diganti. Pertama, muncul bau benda yang hangus atau asap ketika mobil melaju.

“Biasanya, kalau kampas kopling sudah tipis atau aus bau hangus atau gosong masuk ke kabin mobil. Ini dikarenakan besi pencengkeram kampas lah yang bergesekan dengan fly wheel,” ujar Daryono.

Kampas kopling yang sudah aus dan yang masih bagus – dok.Istimewa

Kedua, pedal kopling terasa tinggi ketika diinjak, tetapi responsnya terlalu lama. Ketiga, akselerasi mobil lemah atau bahkan ketika pedal gas diinjak mobil tak melaju kencang.

Bahkan, saat kampas kopling sudah benar-benar tipis, mobil tak berjalan meskin mesin hidup dan pedal gas diinjak.

Keempat, muncul suara gemuruh ketika pengemudi menginjak kopling. Jika mobil dipaksa berjalan, kerusakan bisa merembet ke dekrup kopling mobil atau ke komponen lain.

Kampas kopling – dok.Autoguru

Tanda kampas kopling mobil rusak yang kelima adalah, ketika pengemudi mengubah posisi gigi transmisi, ternyata perpindahan tak terjadi. Mobil tidak berjalan meski mesin masih hidup. (Jrr/Aa)