Jakarta, Mobilitas – Seperti halnya penjualan unit dari pabrik ke dealer (wholesales), penjualan mobil dari dealer ke konsumen (penjualan ritel) selama Januari – Maret tahun ini juga ambles.
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Minggu (7/4/2024) menunjukkan sepanjang tiga bulan oertama itu total mobil yang terjual ke konsumen mencapai 230.776 unit. Jumlah ini ambles 15 persen dibanding total penjualan ritel selama periode sama di tahun lalu yang sebanyak 271.423 unit.
Fakta juga berbicara, penjualan mobil ke konsumen ini pada bulan Februari sempat merosot di bulan Februari, namun kembali menanjak pada bulan Maret. Rinciannya, di Januari sebanyak 78.368 unit, Februari 70.316 unit merosot 10,3 persen dan pada Maret sebanyak 82.092 unit, menanjak 16,7 persen.
Meski, secara kumulatif dari januari hingga Maret alias selama kuartal pertama, total penjualan ritel mobil ini ambles dibanding periode sama di tahun 2023. Dalam penjualan ritel selama tiga bulan pertama 2024 ini, ada tiga merek atau pabrikan dengan penjualan ritel terbanyak.
Pertama, Toyota yang membukukan angka penjualan sebanyak 72.926 unit atau 31,6 persen dari total penjualan nasional. Kemudian Daihatsu yang terjual sebanyak 49.156 unit atau 21,3 persen.
Sedangkan merek ketiga yang menjual mobil terbanyak di periode itu adalah Honda, dengan total penjualan sebanyak 29.771 unit. Penjualan mobil Honda ini setara dengan 12,9 persen dari total penjualan ritel mobil secara nasional. (Din/Aa)