Tokyo, Mobilitas – Selama delapan bulan pertama 2023 itu, penjualan mobil di Jepang menanjak 16,3 persen dibanding periode sama di 2022.
Data Asosiasi Diler Mobil Jepang (JADA) dan Asosiasi Pabrikan Mobil Jepang (JAMA) yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Jumat (8/9/2023) menunjukkan selama kurun waktu Januari – Agustus tahun ini 3.169.994 mobil (berbagai jenis, kategori, dan model) terjual di Negeri Sakura. Sementara, pada periode sama di 2022, jumlah mobil yang terjual sebanyak 2.725.555 unit.
Total penjualan mobil selama delapan bulan pertama tahun ini, dibukukan oleh mobil standar atau reguler (dengan mesin di atas 660cc) sebanyak 2.031.441 unit. Kemudian mobil mini (mesin 660cc ke bawah) sebanyak 1.138.553 unit.
Dari total keseluruhan penjualan mobil, ternyata mobil mungil Honda Motor, yakni Honda N-Box, masih tercatat sebagai mobil paling banyak terjual alias terlaris. Jumlahnya mencapai 112.248 unit, naik 8 persen dibanding delapan bulan pertama di 2022 yang sebanyak 103.948 unit.
Mobil yang di pasar lokal disebut sebagai kei car ini juga jauh lebih laris dibanding Toyota Yaris, yang laku sebanyak 97.421 unit. Padahal, jumlah penjualan mobil andalan Toyota ini sudah menanjak 19,4 persen dibanding Januari – Agustus tahun lalu yang sebanyak 81.581 unit.
Mobil terlaris ketiga di negara berpenduduk 122,43 juta jiwa ini adalah Daihatsu Tanto. Dia laku sebanyak 80.085 unit. Jumlah tersebut melonjak tinggi hingga 81,2 persen dibanding delapan bulan pertama 2022 yang sebanyak 44.188 unit. (Din/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id