Jakarta, Mobilitas – Total penjualan mobil Honda ke konsumen (penjualan ritel) yang dibukukan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) di periode empat bulan pertama 2024 masih bercokol di urutan ketiga di daftar lima merek dengan penjualan terbanyak.
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang disitat Mobilitas di Jakarta, Sabtu (18/5/2024) menunjukkan selama Januari hingga April 2024 itu mobil Honda yang diboyong konsumen (penjualan ritel) sebanyak 36.251 unit.
Jumlah ini ambrol 21,1 persen dibanding total penjualan ritel yang diraupnya selama periode sama di tahun 2023 yang sebanyak 51.982 unit.
Pada bulan April saja, total angka penjualan ritel yang berhasil dipetik Honda melalui PT HPM sebanyak 6.507 unit. Jumlah ini juga ambrol, tingkat keambrolan itu juga mencapai 21,1 persen dibanding bulan yang sama tahun 2023.
Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM, Yusak Billy, dalam keterangan resmi HPM yang diterima Mobilitas di Jakarta, Sabtu (18/5/2024) menyebut dari total penjualan ritel yang dibukukan pihaknya di bulan April itu, 57 persennya merupakan Honda Brio.
“Selain Honda Brio, model-model Honda lain yang diminati (konsumen) yaitu Honda HR-V yang berhasil terjual secara ritel sebanyak 1.085 unit, diikuti Honda WR-V sebanyak 772 unit dan Honda BR-V sebanyak 684 unit,” kata Billy.
Billy mengatakan penjualan kendaraan di empat bulan pertama tahun ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari situasi politik hingga ekonomi secara global maupun nasional. “Kondisi ini menyebabkan beberapa konsumen memilih untuk menunda pembelian hingga situasi yang dianggap lebih stabil,” tandas dia. (Din/Aa)