Bisnis

Januari – Februari 2025: Penjualan Ritel Aito M7 di Cina Menggila, Meroket 1.331 Persen

×

Januari – Februari 2025: Penjualan Ritel Aito M7 di Cina Menggila, Meroket 1.331 Persen

Share this article
Aito M7 - dok.Huawei

Wuhan, Mobilitas – Aito merupakan merek yang didirikan oleh Seres Group bersama pabrikan perangkat elektronik (termasuk ponsel) kondang Huawei. Namun, pada Juli 2024, Seres telah mengakuisisi hak kepemilikan Huawei di Aito dengan nilai US$ 344 juta.

Akuisisi tersebut juga meliputi pengambilalihan 919 hak paten yang terdaftar atau dalam proses pendaftaran, termasuk 44 paten desain milik Huawei. Tetapi, akuisisi itu hanya bertujuan untuk transfer kepemilikan dan tidak mengubah sistem operasional, Huawei tetap terlibat dalam proses desain, penyediaan perangkat fitur digital terkini, produksi, tetapi tidak terlibat dalam penjualan.

Kini sudah beberapa model mobil listrik yang mereka hasilkan yaitu Aito M5, Aito M7, dan Aito M9. Dari tiga model tersebut, Aito M7 merupakan model yang terpopuler dengan penjualan ke konsumen (penjualan ritel0 terbanyak, khususnya selama periode Januari – Februari 2025.

Aito M9 versi terbaru, tampilan bagian samping dan belakang – dok.istimewa via CarNewsChina

Data Asosiasi Pabrikan Mobil Cina (CAAM) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Selasa (25//2025) menunjukkan, sepanjang dua bulan pertama 2025 itu, Aito membukukan penjualan mobil listriknya dari dealer ke konsumen (penjualan ritel) sebanyak 221.314 unit. Jumlah tersebut meroket hingga 667 persen dibanding total penjualan ritel yang dibukukannya pada Januari – Februari 2024.

Rinciannya, di dua bulan pertama 2025 tersebut, Aito M7 terjual ke konsumen sebanyak 128.361 unit. Total angka penjualan ritel ini meroket hingga 1.331 persen dibanding total angka penjualan ritel yang diraupnya pada dua bulan pertama 2024.

Kemudian, Aito M9 laku dibeli konsumen sebanyak 70.646 unit (belum bisa dibandingkan karena baru dijual). Lalu Aito M5 terlego 22.308 unit, melonjak 2,4 persen dibanding jumlah penjualan ritel yang dibukukannya pada periode sama di tahun 2024. (Din/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id