Tokyo, Mobilitas – Padahal total penjualan yang dibukukan seluruh pabrikan di Januari – Februari itu meningkat.
Data Asosiasi Diler Mobil Jepang (JADA) yang dikutip Mobilitas, Minggu (5/3/2023) menunjukkan, pada periode itu total penjualan mobil mencapai 809.064 unit. Jumlah ini menanjak 18,2% dibanding periode sama di tahun lalu yang sebanyak 684.367 unit.
Total jumlah penjualan mobil sebanyak itu terdiri dari mobil reguler (non mini) 499.334 unit, meningkat 18,7% dibanding tahun lalu yang sebanyak 263.545 unit.
Kemudian mobil mini (mesin di bawah 1.000 cc) sebanyak 309.730 unit, menanjak 17,5% dibanding dua bulan pertama 2022 yang sebanyak 263.545 unit.
Namun di tengah tren penjualan yang meningkat di pasar seperti itu, ternyata penjualan mobil merek Honda malah ambles. Totalnya 94.911 unit, menyusut 5.962 unit dibanding tahun lalu yang sebanyak 100.873 unit.
Rinciannya, total penjualan mobil Honda kategori reguler (non mini) sebanyak 38.781 unit, ambles 11,6% dibanding dua bulan perrtama di tahun lalu yang mencapai 43.891 unit.
Sementara angka penjualan yang dicatatkan mobil mini di kurun waktu itu sebanyak 56.130 unit, merosot 1,5% dibanding Januari – Februari tahun lalu yang mencapai 56.982 unit. (Din/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id