Januari hingga Agustus di RI, Penjualan Peugeot Menciut

0
2816
Ilustrasi, logo Peugeot - dok.Istimewa via Ruetir

Jakarta, Mobilitas – Sepanjang periode Januari hingga Agustus tahun ini, penjualan mobil Peugeot ke konsumen (ritel) di Indonesia tercatat menciut dibanding kurun waktu yang sama di tahun 2020. Besaran penurunan mencapai 25,2%.

Data yang dihimpun Mobilitas dari catatan penjualan ritel yang dilaporkan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) terlihat, total penjualan ritel yang berhasil dikantongi Peugeot Indonesia di periode itu hanya 122 unit. Di bulan Agustus saja, penjualan ritel yang dikoleksi hanya 4 unit, atau ambrol hingga 75% dibanding penjualan ritel selama Agustus 2020.

Sedangkan dibanding penjualan ritel di bulan Juli tahun ini (atau bulan sebelumnya) angka penjualan yang diraup Peugeot – yang di Indonesia dijajakan PT Astra Peugeot – ternyata tak berubah. Sebab, di bulan ketujuh itu, angka penjualan ritel di bulan Agustus juga hanya 4 unit.

Peugeot 5008 versi anyar alias versi facelift – dok.Istimewa

Sebelumnya, selama tujuh bulan pertama atau dari Januari hingga Juli total penjualan ritel mobil buatan pabrikan berlambang kepala singa ini juga ambrol dibanding penjualan sepanjang periode sama tahun sebelumnya. Jika di tahun 2020 bisa mencapai 147 unit, di tujuh bulan pertama tahun ini hanya 118 unit.

Model andalan penjualan Peugeot di Indonesia adalah Peugeot 5008 dan Peugeot 3008. Kini, PT Astra Peugeot berniat memboyong versi facelift atau versi terbaru dari model tersebut untuk “memompa” kinerja penjualannya.

Rencana membawa versi facelift Peugeot 5008 dan Peugeot 3008 itu langsung diungkapkan Chief Executive Officer (CEO) Astra Peugeot, Rokky Irvayandi, dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Minggu (12/9/2021).

Peugeot 3008 model 2021 – dok.AutoTrader

“Sudah semestinya Duo SUV Peugeot 3008 dan 5008 mengalami pebaharuan untuk penyegaran. Mudah-mudahan dalam waktu dekat, kehadiran sosok duo SUV Peugeot (facelift itu) bisa terwujud,” ujar Rokky. (Din/Aa)