Januari hingga Mei, 1.083 Mobil BMW Terjual di Indonesia

0
1083
Ilustrasi, mobil BMW yang dipamerkan di IIMS 2021 - dok.Mobilitas.id

Jakarta, Mobilitas – Sepanjang Januari hingga Mei tahun 2022 ini penjualan mobil merek Bayerische Motoren Werke (BMW) di Indonesia, baik ke dealer (wholesales) maupun langsung ke konsumen (ritel) meningkat dibanding periode sama tahun lalu. Begitu pula dengan penjualan yang dibukukan Grup BMW Indonesia (yang meliputi mobil merek BMW dan merek MINI).

Data di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, Kamis (30/6/2022) menunjukkan, selama lima bulan pertama tersebut, wholesales mobil BMW sebanyak 1.096 unit. Jumlah ini meningkat 2,8 persen dibanding wholesales yang dibukukan pada periode sama tahun lalu.

Pada kurun waktu yang sama, total penjualan ritel mobil asal Jerman ini mencapai 1.083 unit. Total angka ini meningkat 9,9 persen dibanding penjualan ritel selama Januari hingga Mei 2021.

PLaza MINI di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara – dok.Istimewa

Sedangkan di bulan Mei saja, ada 198 mobil BMW yang diboyong konsumen ke garasi rumah mereka. Jumlah tersebut naik tipis 0,3 persen dibanding bulan yang sama tahun 2021.

Sementara secara sekeseluruhan penjualan Grup BMW Indonesia, selama Januari hingga Mei tahun ini total penjualan ritel yang dibukukan mencapai 1.348 unit. Sebab, di rentang waktu lima bulan pertama itu ada 265 unit mobil MINI yang dibeli konsumen.

Jumlah penjualan ritel yang dibukukan mobil merek MINI ini naik 4,3 persen dibanding periode sama tahun lalu. Adapun di bulan Mei saja, 61 mobil MINI yang dibeli konsumen, meski jumlah ini melorot 7,6 persen dibanding bulan yang sama tahun lalu. (Jrr/Aa)