Munich, Mobilitas – Jerman merupakan negara gudangnya mobil berteknologi canggih.
Oleh karena itu, perkembangan teknologi otomotif di Negeri Panzer itu selalu mendapatkan perhatian publik dunia. Termasuk, merek-merek yang paling banyak disukai oleh negara dengan ekonomi terbesar di Eropa itu.
Data di Otoritas Transportasi Federal Jerman (KBA) yang dikutip Mobilitas, Senin (15/8/2022) menunjukkan sepanjang Januari – Juli tahun ini total penjualan yang dibukukan oleh 57 pabrikan di negeri itu mencapai 1.443.886 unit. Jumlah ini melorot 11,3%.
“Seretnya pasok cip atau semikonduktor telah berdampak signifikan terhadap produksi hampir semua pabrikan mobil di dunia. Termasuk di Jerman. Sehingga penjualan produk ke konsumen juga menanggung akibatnya,” bunyi keterangan lembaga tersebut.
Menariknya, ternyata bukan hanya mobil-mobil buatan pabrikan lokal saja – seperti Volkswagen, Mercedes-Benz, BMW, Porsche, Audi dan lainnya – yang diburu konsumen, tetapi juga dari luar Jerman termasuk Asia. Setidaknya ada tiga pabrikan dari Asia yang bercokol di 10 besar pabrikan dengan penjualan terbanyak, yakni Hyundai, Toyota, dan Kia.
Meski, dilihat dari volumenya, ternyata Hyundai lebih laku ketimbang Toyota. Berikut fakta penjualan selama Januari – Juli 2022 dari 10 besar pabrikan:
Volkswagen: 264.069 unit
Mercedes-Benz: 127.999 unit
BMW: 120.924 unit
Opel: 82.892 unit
Skoda: 82.482 unit
Ford: 70.261 unit
Hyundai: 57.426 unit
Toyota: 44.767 unit
Seat: 43.487 unit
Kia:43.019 unit
Sumber: KBA Jerman, 2022. (Swe/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id