London, Mobilitas – Selama periode Januari hingga Juli atau tujuh bulan pertama 2024, penjualan mobil di Inggris tercatat meningkat lumayan dibanding periode sama di tahun lalu.
Data di Society of Motor Manufacturers & Traders (SMMT) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Rabu (7/8/2024) menunjukkan, selama Januari – Juli 2024, sebanyak 1.154.288 mobil terjual di Inggris. Jumlah itu meningkat 5,59 persen dibanding toal jumlah mobil yang terlego pada periode sama di tahun 2023.
Fakta berbicara, ternyata bukan mobil merek lokal Inggris atau bahkan merek Eropa yang paling banyak dibeli konsumen di negara berpenduduk 67,983 juta jiwa tersebut. Melainkan mobil asal Amerika Serikat, yakni Ford Puma. Mobil besutan Ford Motor Company itu laku sebanyak 29.799 unit, meningkat 10,9 persen dibanding periode sama di tahun 202.
Dia disusul SUV asal Korea Selatan, yakni Kia Sportage yang terlego sebanyak 28.142 unit, dan Nissan Qashqai yang terjual 26.518 unit. Keduanya meningkat 33,36 persen dan 15,7 persen dibanding periode sama tahun lalu.
Menariknya, ternyata penjualan mobil merek lokal Ingggris yang juga menjadi merek kondang di pasar global, yakni MINI dan Bentley justeru memble di negerinya sendiri. Data berbicara, selama Januari – Juli 2024 itu, mobil MINI laku sebanyak 24.278 unit, anjlok 7,2 persen dibanding tujuh bulan pertama di tahun 2023.
Sementara, mobil merek Bentley di saat yang sama laku sebanyak 526 unit. Jumlah tersebut anjlok 40,4 persen dibanding total angka penjualan yang diraupnya pada periode sama di tahun 2023. (Din/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id