JSX500i Cruiser asal Cina, Dituding Jiplak Konsep TVS Zeppelin

0
1031
Xianglong JSX500i - dok.Istimewa via GaadiWaadi

New Delhi, Mobilitas – Pabrikan komponen sepeda motor asal Guangzhou, Republik Rakyat Cina (Cina) – Guangzhou Xianglong Motorcycle Parts Co.Ltd – baru-baru ini meluncurkan sepeda motor bergenre cruise yang dinamai Xianglong JSX500i.

Namun, ada tanda tanya dari pubik dunia yang menggemari sepeda motor, yakni tampilannya yang mirip-mirip dengan konsep motor sejenis buatan pabrikan India, TVS. Tak sedikit dari mereka yang menuding, gaya desain motor itu menjiplak konsep motor pabrikan India tersebut.

Seperti dilaporkan laman RideApart dan Motorbeam, belum lama ini, ada sejumlah bagian yang mirip dengan konsep TVS Zeppelin. Padahal, konsep itu belum diluncurkan.

“Xianglong JSX500i sangat mungkin menjadi salah satu dari beberapa sepeda motor yang terinspirasi oleh sepeda motor lain yang belum diproduksi (masih konsep),” tulis RideApart.

Tampilan belakang Xianglong JSX500i – dok.Istimewa via GaadiWaadi

Sementara, laman GaadiWaadi mendiskripsikan persamaan dan perbedaan antara Xianglong JSX500i dengan konsep motor yang diperkenalkan ke publik di hajatan Auto Expo 2018 (India) itu.

“Kesamaan desain di antara keduanya terlihat mulai dari sejumlah bagian, dimana JSX500i mendapatkan lampu depan heksagonal, tangki bahan bakar lebar, jok bertingkat yang sama (dengan konsep TVS Zeppelin). Panel samping memiliki desain yang sama persis, dan bahkan radiator dan penutup mesin pun identik,” tulis media itu.

Perbedaan
Namun, ada juga perbedaannya. JSX500i menggunakan perangkat suspensi depan garpu Usipde Down, TVS Zeppelin tidak. Pelek dan knalpot juga memiliki desain yang berbeda, dan setang Xianglong JSX500i juga lebih tinggi.

Data spesifikasi yang dirilis Xianglong menunjukkan, motor cruiser buatannya itu menggunakan pelek berukurab 17 inci, baik di depan maupun belakang. Meski ban yang membalutnya berbeda, yakni ban berukuran 120/70 untuk pelek depan dan ukuran 150/70 untuk belakang.

Motor cruiser buatan Xianglong, JSX500i – dok.Istimewa via GaadiWaadi

Sepeda motor buatan pabrikan Cina itu juga telah menggunakan sistem pencahayaan LED, dan menggunakan suspensi belakang monoshock yang dapat disesuaikan preload. Perbedaan lain, Xianglong JSX500i menggunakan rem cakram yakni dua di roda depan, satu di roda belakang.

Secara rinci, dimensi ukuran JSX500i adalah, panjang 2.150 milimeter (mm), lebar 890mm, dan tinggi 1.180mm. Sedangkan panjang wheelbase-nya 1.460mm dengan ground clearance 140mm.

Konsep TVS Zeppelin – dok.IndianAutoblog.com

Sedangkan mesin yang diusungnya mesin dua silinder 471cc, berpendingin cairan yang menghasilkan tenaga 44,87 PS dan torsi maksimum 41 Nm.

Penyaluran tenaga menggunakan transmisi enam tingkat percepatan, dan Xianglong mengklaimnya mampu melesat hingga 150 km/jam. (Din/Aa)