Karim Habib, Sosok di Balik Desain Mobil Kia yang Ajib

0
1707
Karim Antoine Habib - dok.Istimewa

Namyang, Mobilitas – Nama Karim Antoine Habib, langsung menggema di jagat industri otomotif dunia ketika Kia Motors Corporation (Kia) meluncurkan versi anyar dari sejumlah mobil andalannya. Maklum, gaya desain eksterior maupun interior mobil itu – yakni Kia Sorento, Kia Optima, dan Kia Carnival – paling gres itu, kini terlihat mantap alias oleh oke dari versi sebelumnya.

Bahkan – yang paling anyar – adalah tampilan Kia Sportage yang baru-baru ini sosoknya telah diperkenalkan Kia via ranah maya. Kelas dan kemampuan Karim pun diakui dunia. Dia disebut sebagai sosok desainder yang memang bebar-benar berbakat dan memiliki dedikasi tinggi ke profesi.

Karim adalah pria berdarah Lebanon, yang berkewarganegaraan Kanada. Pria kelahiran tahun 1970 itu, hijrah ke negara di benua Amerika tersebut saat masih berusia balita dibawa oleh kedua orang tuanya.

Karim Habib saat melakukan pekerjaan mendesain mobil – dok.Carbody Design

Karim menyelesaikan pendidikan tingginya di jurusan teknik mesin McGill University dan Desain Transportasi di Art Center College of Design di California, Amerika Serikat itu, fasih berbahasa Arab, Inggris, Prancis, Jerman, dan Italia. Usai menamatkan pendidikannya, dia bergabung dengan pabrikan asal Jerman, Bayerische Motoren Werke (BMW).

Sepanjang karirnya di pabrikan itu- yakni dari tahun 1998 hingga 2009 dan dari tahun 2011 hingga 201, Karim telah mendesain beberapa mobil. Mulai dari BMW Seri 7 F01, BMW X6, BMW X3, BMW 6 Series Gran Coupe, serta BMW Seri 5 (E60).

Dia juga sempat berpindah ke Mercedes-Benz. Di perusahaan yang didirikan oleh Karl Benz tersebut, dia hanya bertahan selama dua tahun yakni dari tahun 2009 hingga tahun 2011. Selama rentang waktu itu, dia mendesain Mercedes-Benz F800.

Karim Hab ib saat bekerja di BMW – dok.BMWBlog

Hinggap di Kia
Karim meninggalkan Mercedes-Benz pada bulan Juni 2017. Di bulan berikutnya – atau Juli tahun itu – dia tercatat sudah menjadi Kepala Desain merek mewah milik Nissan Motor yakni Infiniti. Namun, di perusahaan ini dia hanya bertahan selama dua tahun, karena tepat di bulan Agustus 2019 dia mengundurkan diri.

Lepas dari Mercy, pria penyuka musik bergenre rock dan blues ini bergabung dengan pabrikan asal Korea Selatan Kia Motors. Dia didapuk sebagai Executive Vice President & Head of Global Design pabrikan tersebut. Sebuah jabatan yang sangat mentereng.

Karim Habib dan sejumlah sketsa mobil yang didesainnya – dok.Motors Actu

“Kia merupakan merek yang berkembang dan ambisius di jalur menuju inovasi elektrifikasi dan mobilitas. Saya senang menjadi bagian dari transformasi ini untuk memperkuat merek Kia agar lebih jauh maju ke masa depan industri otomotif,” kata Karim yang dilansir laman resmi Kia pada September 2019.

Dia bertanggung jawab atas desain kendaraan Kia. Dia bertugas mengawasi pekerjaan tim eksterior, interior, warna, dan material Kia. Selain itu membantu menentukan strategi desain masa depan dan arah merek Kia.

Karim Habib saat menyetir mobil pribadinya – dok.Youtube

Dia harus bekerjasama dengan Chief Design Officer Hyundai Motor Group – karena Kia merupakan anak perusahaan Hyundai – Luc Donckerwolke. Dan melaporkan pekerjaannya ke Donckerwolke.

Kini, Karim diketahui telah mencetuskan ide-ide cemerlang untuk gaya desain masa depan. Meski, baik Kia maupun Hyundai belum membocorkan gebrakan yang bakal dilakukan Karim.

Tetapi, yang pasti, berkat sentuhan tangan dingin pria ini, kini gaya desain mobil-mobil Kia menjadi oke alias ajib. (Aa/Berbagai sumber)