Kawasaki ZX-10R Dihargai Rp 520 Juta, Ini Istimewanya

0
744
Kawasaki Ninja ZX-10R terbaru - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas– PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) meluncurkan Kawasaki Ninja ZX-10R model anyar alais model tahun 2021. Motor bermesin 998 cc empat silinder itu dibanderol Rp 520 juta on the road Jakarta.

Head Sales & Promotion KMI Michael C. Tanadhi dalam paparannya saat peluncuran secara virtual mengatakan, Ninja ZX-10R dikembangankan dengan dasar pengalaman Kawasaki memenangi laga kejuaraan World Superbike (WSBK).

Faktanya, Kawasaki Racing Team (KRT) memang sudah enam kali- sejak tahun 2015 memenangi kejuaraan itu, dan paling gres Jonathan Rea (pembalap KRT) mempersembahkan titel tersebut.

KRT memang memberikan masukan bagi pengembangan motor itu. Terakhir kali, tim tersebut menyarankan katup yang digerakkan secara elektronik, rasio gear baru, dan pendingin oli menggantikan pendinginan udara.

Kawasaki Ninja ZX-10R yang diluncurkan di Indonesia – dok.Istimewa

Atas masukan tim itu pula, Kawasaki ZX-10R anyar menggunakan exhaust system baru sesuai memenuhi standar Euro5. Mesin DOHC 16 valve berkapasitas 998 cc dengan pendinginan menggunakan cairan yang diusungnya mampu menghasilkan tenaga hingga 213 hp dengan torsi maksimum 114,9 Nm.

Kawasaki memberikan sasis baru untuknya. Sehingga kemampuannya menikung dengan menggeser geometri ke depan juga semakin tinggi. Terlebih, swingarm yang digunakan juga panjang dan besar sehingga membuatnya lebih stabil.

Fitur canggih
Ninja ZX-10R tak hanya mengalami penyegaran di sektor mekanis. Fiturnya pun kini ditingkatkan sehingga semakin canggih dengan basis teknologi elektronik misalnya launch control, quick shifter, engine braking system, serta traction control.

Motor ini tercatat menggunakan cruise control dengan tiga mode pengendaraan standar dan empat mode pengendaraan yang dapat disesuaikan. Kawasaki juga memberinya layar TFT 4,3 inci dengan layar yang nyaman dipandang serta konektivitas Bluetooth.

Perangkat pengereman dan suspensi depan Kawasaki Ninja ZX-10R – dok.Istimewa

Sementara, bantalan baru dan reservoir rem belakang yang dipindahkan posisinya sehingga kinerjanya jauh lebih akurat. Perangkat suspensi hasil racikan Showa – dengan keunggulan laju pegas yang lebih rendah, meredaman kompresi lebih kuat namun memiliki pantulan yang lebih lembut – digunakan.

Sedangkan di segi tampilan, Ninja ZX-10R menggunakan fairing depan baru. Sedangkan semua sumber pencahayaannya menggunakan lampu LED. Dan masih banyak lagi fitur canggih. Lantas, harga Rp 520 juta itu telah sepadan? (Din/Aa)