Kawin Mazda -Toyota Lahirkan Mazda CX-50, Ini Keunggulannya

0
1319
Mazda CX-50, SUV buah kolaborasi Mazda dengan Toyota- dok.Istimewa

Alabama, Mobilitas – Kolaborasi antara Mazda Motors dengan Toyota Motors Corporation menyuguhkan model baru SUV yang dinamai Mazda CX-50 di Amerika Serikat. Mobil ini mulai diproduksi pada 18 Januari 2022, dan akan diluncurkan sekaligus mulai dijual pada musi semi nanti.

Seperti dilaporkan Alabama Daily dan Car and Driver, Rabu (26/1/2022), mobil tersebut diproduksi di pabrik milik bersama – yakni Mazda Toyota Manufacturing – yang berlokasi di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat.

“Kehadiran pabrik dan SUV itu sekaligus menandai kembalinya Mazda di sektor manufacturing Amerika Serikat, dan sekaligus menjadi tonggak untuk memperkuat posisinya di pasar utamanya,” ujar analis industri di bursa New York, Richard Stephanson, yang dikutip Alabama Daily.

Kabin bagian depan Mazda CX-50 – dok.Istimewa

Mazda dan Toyota mematok berencana memproduksi 300.000 mobil di pabrik tersebut. Tak hanya pasar Negeri Paman Sam saja yang bakal digelontori SUV itu, namun juga wilayah-wilayah lain di kawasan Amerika Utara.

“CX-50 adalah model yang menjadi kekuatan pendorong pertumbuhan bisnis Mazda di Amerika Utara,” ungkap Senior Managing Executive Officer Mazda, Takeshi Mukai, dalam pernyataan resmi perusahaan, Kamis (26/1/2022).

Baik Mazda maupun Toyota hingga kini belum secara resmi memberikan informasi terakit spesifikasi mobil. Namun, secara tersirat menyatakan Mazda CX-50 dibangun dengan orientasi sebagai kendaraan yang memenuhi hasrat konsumen untuk berpetualang di medan berat alias off-road.

Tampilan bagian belakang Mazda CX-50 yang mengesankan lebih kekar dibanding CX-5 – dok.Youtube

Mazda mengklaim ground clearance Mazda CX-50 lebih tinggi dibanding Mazda CX-5. Selain itu, berbagai perlengkapan offroad seperti roof rack berukuran besar juga dipasang pada mobil itu yang menguatkan karakter sebuah mobil yang pas untuk petualangan di alam liar.

Mazda bahkan mengklaim pintu bagian belakang bisa dibuka lebih lebar. Walhasil, selain memberikan akses bagi pemilik mobil untuk keluar masuk barang yang jauh lebih mudah, juga membuat proses pemasangan roof rack dan roof box lebih mudah.

Mazda CX-50 saat ini diperuntukkan bagi konsumen di Amerika Serikat – dok.Istimewa

Sementara, ihwal mesin, Mazda menyebut ada beberapa pilihan mesin yang ditawarkan Mazda dan Toyota. Pertama mesin empat silinder SkyActive-G naturally aspirated berkapasitas 2.488 cc yang sama dengan mesin Mazda CX-5. Mesin ini menyemburkan tenaga hingga 190 hp pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi 252 Nm pada 4.000 rpm.

Kedua, mesin empat silinder turbo SkyActive-G berkapasitas 2.488 cc. Semburan tenaga yang dihasilkan mencapai 260 hp pada 5.000 rpm dengan torsi 420 Nm.

Penyaluran tenaga ke roda pada dua varian itu menggunakan transmisi otomatis enam tingkat percepatan. Keduanya dilengkapi teknologi penggerak roda i-ACTIV All-Wheel Drive.

Selebrasi yang menandai diproduksinya Mazda CX-50 pada 18 Januari 2022 di pabrik Alabama, Amerika Serikat – dok.Mazda

Mazda juga mengisyaratkan, di masa depan akan ada varian bersumber tenaga hybrid. Hanya, tidak disebutkan kapan peluncuran varian itu. (Fan/Aa)