Kenali Fungsi Thermostat Mobil dan Potensi Masalah yang Terjadi

0
1423
Thermostat - dok.YourMechanic

Tangerang, Mobilitas – Salah satu bagian dari mesin mobil yang sangat penting adalah sistem pendinginannya yang terdiri dari serangkaian komponen dengan tugas dan fungsi yang saling melengkapi. Salah satu komponen yang vital fungsinya di sistem pendinginan ini adalah, thermostat.

“Fungsi thermostat ini menjaga suhu mesin agar temperaturnya berada pada suhu yang ideal, sehingga mesin tidak mengalami suhu yang melebihi standar alias overheat. Dengan bahasa yang sederhana, bisa disebut bahwa thermostat itu seperti sakelar. Cara kerjanya akan mengikuti sistem kerja dari komponen pendingin yang lain,” papar Marketing Supervisor, toko suku cadang Prima Auto, di kompleks Pusat Suku Cadang BSD, Serpong, Tangerang, Rezki Afandi, saat ditemui Mobilitas, Jumat (16/10/2021).

Menurut Afandi, dalam proses pendinginan mesin mobil yang tengah bekerja atau di saat mobil dijalankan – yakni menggunakan cairan di radiator – dimulai dari cairan yang dipompa oleh bagian water pump untuk menuju ke bagian mesin mobil. Lalu, aliran cairan ini akan melewati bagian water jacket yakni jalur ciaran (air atau coolant) yang mengitari mesin.

Mobil yang mengalami overheat alias suhu mesin melebihi ambang batas – dok.RAC.co.uk

Pada saat mengalir, cairan pendingin di dalam mesin itu juga bertugas menangkap suhu panas yang dihasilkan oleh mesin mobil. Pada saat cairan akan keluar melewati selang yang ada pada mesin, kemudian masuk menuju ke bagian atas dari radiator dan masuk ke dalam radiator, maka suhu panas pada seluruh komponen mesin mobil pun berkurang.

Menjaga kestabilan suhu mesin
Suhu panas tersebut terbuang melalui kisi kisi kecil yang terletak pada radiator, dan dibuang ke udara oleh kipas yang terletak di balik radiator. Setelah suhu panas terbuang, suhu air di dalam radiator juga akan menurun dan keluar dari selang bagian bawah yang ada pada radiator tersebut.

Air yang keluar dari selang ini kemudian dipompa kembali menuju ke mesin, dan digunakan lagi dalam proses penurunan suhu mesin mobil. Begitulah seterusnya, proses ini berlangsung secara berulang, jika suhu mesin mobil masih tinggi.

Ilustrasi, thermostat di mobil – dok.Istimewa

“Nah, pada saat suhu di mesin sudah dingin, maka perputaran aliran air pada mesin tersebut akan ditutup oleh bagian thermostat. Ini dilakukan agar air tidak bersirkulasi melalui radiator sehingga mesin mobil tetap bisa mencapai suhu yang optimal,” jelas Afandi.

Jika suhu mesin kembali tinggi, yakni pada kisaran kurang lebih 85 derajat – 90 derajat celcius, thermostat akan terbuka kembali. Terbukanya thermostat ini untuk memberi jalan agar air pendingin dapat melakukan proses pendinginan melalui radiator mobil.

“Jadi, jelas ya bahwa thermostat itu bertugas menjaga kestabilan suhu mesin. Dia bertugas seperti sakelar dari sistem pendiginan mesin,” kata Afandi.

Ilustrasi, mobil yang mengalami masalah pada mesin – dok.Istimewa

Tanda thermostat bermasalah
Afandi menyebut tugas thermostat cukup insentif karena dia siaga di saat mesin mobil dinyalakan. Dengan kata lain, kata dia, thermostat itu pekerja keras dan dituntut untuk tetap dalam kondisi prima.

Karena tugas yang seperti itu tak heran jika thermostat akan aus jika mobil telah berusia 10 tahun lebih. Tanda-tanda peranti ini bermasalah atau aus, bisa dilihat dari suhu mesin yang tidak stabil dan cenderung tinggi.

“Untuk cara yang paling mudah mendeteksi thermostat mobil bermasalah adalah suhu mesin yang tidak stabil. Ini bisa dilihat dari indikator suhu mesin di panel cluster mobil. Bahkan, jika keauasan atau permasalahan thermostat itu belum parah, bisa dilihat dan dirasakan konsumsi bahan bakar mobil yang lebih boros dari biasanya,” jelas Afandi.

Pada saat mengganti thermostat sebaiknya selang pendinginan dari radiator ke mesin juga diganti- dok.Motor Trend

Namun, agar tak menjadi spekulasi yang tidak pasti, sebaiknya mobil yang telah berusia di atas 10 tahun – terlebih ketika membeli mobil bekas dengan kondisi seperti itu – pemilik sebaiknya memeriksakan ke bengkel. Dan jika perlu menggantinya dengan yang baru.

“Selain thermostat, penggantian sebaiknya juga dilakukan terhadap selang radiator. Karena selang (hose) ini juga pekerja keras dan setiap mesin menyala dilewati cairan panas tingkat tinggi. Jadi usia 10 tahun lebih memang saatnya diganti,” imbuh Afandi. (Jrr/Aa)