Kia Carnival Di-recall Lagi, Kali Ini Gegara Pintu Terbuka Sendiri

0
1230
Kia Carnival - dok.Kia

Washington, Mobilitas – Setelah pada April lalu 2.744 unit ditarik (recall) gegara saluran ke tangki bahan bakar bocor sehingga rawan terbakar, kini MPV Kia Carnival 2022 alias model paling anyar kembali di-recall. Penarikan kali ini dikarenakan pintu geser di samping penumpang rawan terbuka secara tiba-tiba sehingga memunculkan potensi bahaya.

Seperti dilaporkan US News dan New York Post, Selasa (30/11/2021) mobil yang ditarik kali ini sebanyak 2.956 unit. Mereka adalah model ang diproduksi antara 28 Juli 2021 dan 14 Oktober 2021,

“Komponen plastik di grendel pintu geser mobil itu telah diproduksi oleh pemasok dengan spesifikasi yang tidak sesuai,” bunyi pernyataan Kia Motors seperti dikutip dalam pengumuman Lembaga Keselamatan Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika Serikat.

Kursi baris tengah dan belakang Kia Carnival 2022 – dok.Istimewa

Akibat kondisi grendel seperti itu maka pintu tak akan bisa terutup rapat. Ketika mobil dalam kondisi hidup dan berhenti pada indikator di panel cluster tanda peringatan akan menyala.

Sementara, ketika mobil berjalan dengan kecepatan 10 kilometer per jam, alarm akan berbunyi hingga empat kali. Jika tanda peringatan itu tak diindahkan dan mobil tetap melaju, pintu geser akan terbuka dengan tiba-tiba. Tentu ini mengundang bahaya.

Tampilan bagian belakang Kia Carnival 2022 – dok.NADA Guides

Namun, sampai sekarang tidak ada laporan yang menyebut telah terjadi kecelakaan atau ada korban akibat masalah pintu itu. Kia Motors menyatakan akan menghubungi pemilik kendaraan pada 16 Desember nanti dan meminta mereka untuk membawa kendaraannya ke diler Kia agar diperbaiki secara gratis. (Swe/Aa)