Kia Sportage Anyar Tampil Rupawan, Versi Lawas Jadi Andalan

0
363
Kia Sportage 2022 - dok.Kia

Seoul, Mobilitas – Kia Motor Corporation (Kia) telah merilis tampilan generasi kelima atau versi terbaru dari SUV Kia Sportage. Versi paling gres ini hadir dengan gaya desain yang lebih tebal (bold), dinamis, dan lebih kekinian.

Dari sejumlah foto yang dilansir Kia melalui situs resminya, Selasa (8/6/2021) terlihat, pabrikan asal Korea Selatan ini tetap mempertahankan gaya desain grill Tiger Nose. Bagian ini terlihat lebih cerah dan lebih segar dengan diapit Day Running Light berbentuk huruf “C” atau ada juga menyebutnya mirip dengan bumerang.

Gaya desain paras depan ini diakui Kia banyak mengadopsi gaya desain mobil listrik Kia EV6. Begitu pula di bagian belakang, terutama batang lampu yang lebih lebar.

Sedangkan gaya desain bodinya lebih sporty. Bagian ini tak lagi terlihat mengembung tetapi lebih ramping dengan garis dan lekukan yang semakin dipertajam.

Tampilan wajah Kia Sportage terbaru – dok.Kia

Ujung lekukan di bagian belakang yang mengarah ke atas seolah menyentuh pilar D, menjadikan kesan kokoh mobil ini mencuat kuat. Dan Kia memberinya gaya padu-padan dua cat (two tone) yang merupakan pertama kalinya diberikan pada Sportage.

“Dengan All-New Sportage, kami tidak hanya ingin mengambil satu langkah maju, tetapi juga melangkah ke level yang berbeda di kelas SUV,” ujar Senior Vice President and Head of Global Design Center Kia, Karim Habib.

Karim menyebut, generasi paling anyar Kia Sportage ini merupakan buah karya kolaboratif antara jaringan desain global utama Kia yang berada di Korea, Jerman, Amerika Serikat, dan Cina. Dia adalah hasil karya para desainer berbakat Kia.

Tampilan bagian belakang Kia Sportage versi terbaru – dok.Kia

Hanya pabrikan yang berada di bawah payung Hyundai Motor Company Group itu belum mengungkap mesin yang disandang Sportage anyar ini. Tetapi yang pasti, mobil yang kbarnya dirilis secara global pada tahun 2022 nanti itu diharapkan tetap menjadi ujung tombak penjualan pabrikan.

Penjualan tahun 2021
Data yang dirilis Kia Motor melalui situs resminya menunjukkan, Kia Sportage hingga lima bulan pertama tahun 2021 tetap menjadi model yang paling banyak menyumbang angka penjualan.

Tercatat, dari total penjualan di pasar global selama bulan Mei yang sebanyak 245.994 unit, Kia Sportage terjual sebanyak 32.322 unit.

Di bulan sebelumnya (April) dari total penjualan 249.734 unit, Sportage menyumbang angka penjualan 27.955 unit. Sebelumnya, pada Maret menyumbang penjualan 29.505 unit ke total penjualan Kia yang sebanyak 251.362 unit.

Tampilan belakang Kia Sportage generasi keempat atau model yang ada saat ini – dok.Carfacta

Sedangkan di bulan Februari, dari total penjualan global Kia yang sebanyak 210.177 unit, 26.790 unit di antaranya berasal dari Kia Sportage. Dan di bulan pertama atau Januari, Sportage menyumbang 33.560 unit ke Kia sehingga total penjualnnya mencapai 226.298 unit. (Din/Aa)